Widget Windows 11 akhirnya dibuka untuk pengembang pihak ketiga

  • Whatsapp

Menyaingi apa yang telah dilakukan di iOS dan Android, Microsoft merinci pada konferensi Build 2022 bahwa pengembang dapat segera membuat widget pihak ketiga untuk sistem operasi. Seperti yang telah lama dikabarkan, opsi ini akan tersedia mulai “akhir tahun ini,” dan akan didukung oleh platform Adaptive Cards Microsoft.

Menurut Panos Panay Microsoft, widget pihak ketiga yang baru ini dapat menjadi “pengalaman pendamping” untuk desktop Win32 tradisional, atau Progressive Web Apps. Meskipun widget khusus ini belum dikonfirmasi, ini berarti aplikasi seperti Twitter dan Discord dapat menambahkan widget pendamping Windows 11, sehingga Anda dapat mengintip feed atau obrolan Anda secara sekilas tanpa membuka aplikasi.

Read More
Fitur Widget di Windows 11.
Microsoft

Ini akan menjadi perubahan yang disambut baik. Sampai sekarang, semua Widget di Windows 11 hanya dari Microsoft, yang mencakup hal-hal seperti lalu lintas, cuaca, dan olahraga. Ini memberi pengembang aplikasi lebih banyak cara bagi pengguna untuk menampilkan konten aplikasi mereka di Windows, seperti yang biasa dilakukan Live Tiles di Windows 10.

“Kami sangat bersemangat dengan umpan balik pelanggan tentang Widget hingga saat ini, orang-orang menikmati akses cepat ke konten yang paling penting bagi mereka dengan cara yang mulus tanpa mengganggu aliran mereka,” kata Panos Panay, chief product officer Windows dan perangkat.

Kartu adaptif, yang akan mendukung widget pihak ketiga ini, sudah digunakan di seluruh aplikasi dan layanan Microsoft lainnya seperti Teams dan Outlook. Ini adalah metode platform-agnostik untuk berbagi dan menampilkan blok informasi dan konten antarmuka pengguna tetapi tanpa memerlukan kode CSS yang rumit. Pada dasarnya, pengembang dapat membuat satu kartu adaptif untuk semua layanan Microsoft menggunakan satu kode sehingga aplikasi akan terlihat dan berperilaku seperti yang seharusnya di aplikasi spesifik tersebut.

BACA JUGA:  Daftar benchmark Galaxy M53 5G mengungkapkan chipset MediaTek Dimensity 900

“Pengguna menang karena semuanya terasa familier. Aplikasi host menang karena mereka mengontrol pengalaman pengguna. Dan pembuat kartu menang karena konten mereka mendapatkan jangkauan yang lebih luas tanpa pekerjaan tambahan apa pun, ”jelas Microsoft tentang kartu adaptif.

Widget pihak ketiga di Windows 11 bukan satu-satunya yang dibagikan Microsoft di Build 2022. Panos Panay juga merinci visi tentang bagaimana aplikasi yang membuat dan menyimpan konten di cloud dapat mengintegrasikan konten itu ke tempat yang sudah dikenal di File Explorer Windows 11, serta dialog file. Dengan fitur itu, Microsoft berharap Windows dapat menyediakan instalasi aplikasi yang mulus dan penemuan konten di seluruh perangkat.

Microsoft juga menggunakan PC berbasis ARM dengan alat baru bagi pengembang untuk membangun aplikasi ARM asli melalui Project Volterra. Perusahaan juga merinci fitur Live Share baru untuk Teams, yang membuat rapat menjadi lebih interaktif.

Rekomendasi Editor




Related posts