Transmisi Omicron terkendali: Pemerintah Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Penularan Covid-19 varian Omikron di Indonesia masih terkendali meski lonjakan kasus saat ini melebihi puncak Delta tahun lalu, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kasus penularan Omicron di Indonesia masih terkendali, meski lonjakan kasus sudah melebihi tren kasus yang disebabkan varian Delta,” katanya.

Read More

Beruntung, jumlah pasien rawat inap dan kematian jauh lebih rendah dibandingkan saat gelombang Delta, ujarnya saat membagikan hasil rapat terbatas penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dalam pernyataan online di Jakarta, Senin.

Menteri yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu menjelaskan, beberapa provinsi, antara lain Jakarta, Banten, dan Bali mencatat tren penurunan kasus harian selama tujuh tahun terakhir. hari.

“Tren rawat inap juga menurun di Jakarta dan Bali. Okupansi kamar rawat inap di seluruh provinsi di Jawa-Bali masih jauh di bawah okupansi untuk kasus varian Delta,” ujarnya.

Berita terkait: Omicron diperkirakan tidak akan mempengaruhi ekonomi secara signifikan: BI

Menteri Pandjaitan mengatakan masalah jumlah pasien yang melebihi jumlah tenaga kesehatan juga perlu dibenahi.

Perawat, staf pendukung, dan petugas manajemen rumah sakit adalah kelompok yang paling terinfeksi, katanya.

Kondisi ini, kata dia, mengindikasikan banyak tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 akibat penularan di rumah dan lingkungan masing-masing.

“Pemerintah berupaya mencegah situasi seperti itu dengan meminta Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan pemantauan dan menambah jumlah alat pelindung diri (APD) serta menyiapkan tempat tinggal khusus (bagi tenaga kesehatan) untuk menghindari kontak dekat dengan keluarga,” ujarnya.

BACA JUGA:  Setelah menjadi pembawa acara kontroversial di kickoff kampanye BBM-Sara, Toni Gonzaga mengucapkan selamat tinggal kepada 'Pinoy Big Brother'

Berita terkait: Lonjakan COVID-19 Juga Terlihat di Daerah Luar Jakarta: Kepala BNPB

Related posts