Survei: Peningkatan Elektabilitas Gerindra Dipengaruhi Pemilih Prabowo

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Peneliti Tempat Pemungutan Suara (IPS) Indonesia Alfin Sugianto mengatakan hasil survei lembaganya menunjukkan elektabilitas Partai Gerindra meningkat signifikan dibandingkan perolehan suara partai pada pemilu 2019 karena pemilih setia Prabowo.

Read More

“Saat ini berdasarkan survei IPS, elektabilitas Partai Gerindra mencapai 16,5% atau meningkat sekitar 4 persen dari perolehan suaranya pada pemilu 2019,” kata Alfin dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Disebutkannya, salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan signifikan elektabilitas Partai Gerindra adalah masih berlanjutnya loyalitas pemilih Prabowo Subianto untuk memilih Partai Gerindra.

Menurutnya, jika tren positif ini bisa dipertahankan, bukan tidak mungkin Partai Gerindra akan bersaing ketat dengan PDI-P dalam memperebutkan posisi puncak pada Pemilu 2024.

“Sementara elektabilitas PDI-P masih paling tinggi 20,9 persen. Selanjutnya Partai Golkar 11,4 persen, Partai Demokrat 8,3 persen, PKS 7,7 persen, dan PKB 7,1 persen,” ujarnya. .

Selain itu, Alfin menjelaskan elektabilitas Prabowo Subianto di peringkat pertama mencapai 27,4 persen, peringkat kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 18,9 persen, peringkat ketiga Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,9 persen.

“Masyarakat sepertinya lebih ngotot dalam menentukan pilihan Ketua Umum Partai Gerindra untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029,” ujarnya.

Menurutnya, meski berbagai kemungkinan bisa terjadi, mengingat tren elektabilitas Prabowo yang stabil dalam 1,5 tahun, peluang Menhan menjadi presiden terbuka lebar.

Survei IPS dilakukan pada 8-18 Maret 2022 dengan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi dengan margin kesalahan sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:  Golkar menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ichsan Firdaus

Survei menggunakan teknik random sampling kemungkinan dengan teknik acak bertingkat. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/bimbingan kuesioner.

Baca juga: Pengamat: Puan-Anies Bisa Jadi Calon Mitra

Baca juga: Pimpinan Pondok Pesantren Priangan Timur Dukung Muhaimin Jadi Capres

Baca juga: AHY Raih Dukungan Pemilih Muda untuk Pemilu 2024

Wartawan: Imam Budilaksono
Redaktur: D.Dj. Kliwantoro
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts