Setelah pulih dari COVID-19, Ratu Elizabeth II bertemu Justin Trudeau

Ratu Elizabeth II, Senin (7/3), menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Dia tersenyum dan menyapa perdana menteri di depan buket besar bunga biru dan kuning, warna bendera Ukraina.

Pertemuan itu adalah yang pertama sejak Ratu dinyatakan positif COVID-19 pada 20 Februari.

Istana Buckingham menolak mengomentari rangkaian bunga tersebut, tetapi beberapa pengamat kerajaan mengatakan Ratu dan keluarga sangat berhati-hati ketika mereka tampil di depan umum.

Trudeau berada di Inggris untuk bertemu Perdana Menteri Boris Johnson dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte untuk membahas perang di Ukraina.

Ratu Elizabeth II, yang juga Ratu Kanada, telah mengunjungi negara Amerika Utara lebih dari 20 kali selama 70 tahun pemerintahannya. Dia bertemu Trudeau di Kastil Windsor di mana dia menghabiskan sebagian besar waktunya setelah merebaknya wabah COVID-19.

Ratu Elizabeth dan Perdana Menteri Trudeau sudah saling kenal selama beberapa waktu. Trudeau, yang berusia 50 tahun, mengadakan beberapa pertemuan dengan Ratu ketika ayahnya, Pierre Elliott Trudeau, menjabat sebagai salah satu perdana menteri terlama di Kanada.

Foto-foto pertemuan menunjukkan Trudeau memegang tangan Ratu Elizabeth dengan hangat dengan kedua tangan, dengan latar belakang bunga biru dan kuning. Mereka berdua tersenyum hangat.

Trudeau mengatakan dia telah mengenal Ratu secara khusus selama sekitar 45 tahun dan “Saya dapat mengatakan bahwa dalam percakapannya dengannya pagi ini, dia berpikiran luas seperti biasanya.”

Pengumuman Istana pada 20 Februari bahwa Ratu Elizabeth, yang berusia 95 tahun, telah dites positif COVID-19, memicu kekhawatiran tentang kondisinya. Istana menolak mengomentari kesehatan Ratu dengan alasan masalah privasi. Namun pejabat Istana mengatakan Ratu telah divaksinasi lengkap dan bahkan telah menerima suntikan booster. [em/jm]