Sejarah Netscape, Browser Populer (Pada Masanya)

  • Whatsapp

Pengguna internet saat ini mungkin mengenal Chrome, Safari, atau Edge, sebagai browser. Namun pada zamannya, ada satu nama yang sangat terkenal dan tidak memiliki lawan, yaitu Netscape.

Kisah Netscape dimulai pada April 1994, ketika Marc Andreessen dan Jim Clark mendirikan Mosaic Communications Corporation. Mosaic adalah nama perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai jenis konten di web.

Read More

Andreessen sebelumnya bekerja di National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois. Sementara Clark sebelumnya bekerja di Silicon Graphics, yang kemudian membawa sejumlah rekannya untuk bekerja di Mosaic, begitu pula Andreessen.

Pada bulan Oktober 1994, tim merilis Mosaic Netscape 0.9, dan pada bulan Desember mereka mengubah nama perusahaan menjadi Netscape Communications, bertepatan dengan rilis Netscape Navigator 1.0.

Para pendiri Netscape sangat menyadari bahwa browser web akan menjadi alat yang revolusioner. Mereka juga membuat browser ini gratis untuk penggunaan individu, akademisi, dan penelitian, seperti dikutip dari Techspot, Minggu (20/2/2022).

“Dengan membuat Netscape gratis untuk penggunaan pribadi, perusahaan mengikuti tradisi perangkat lunak untuk Internet yang ditawarkan secara gratis,” tulis Netscape dalam pernyataan tahun 1994.

Sementara itu, pengguna komersial harus membeli lisensi, yaitu USD 99 per pengguna, termasuk garansi dan dukungan. Namun harga itu tidak bertahan lama, karena setelah itu harganya sering didiskon hingga USD 40 per lisensi.

Pada saat itu, Navigator adalah satu-satunya browser yang tersedia untuk umum. Sehingga bisa dikatakan tidak memiliki pesaing sama sekali.

Pada 9 Agustus 1995, Netscape mulai menjual sahamnya ke publik, dengan harga pembukaan USD 28 per saham. Pada hari pertama perdagangan, sahamnya meroket hingga USD 75 per saham, yang berarti kapitalisasi pasarnya USD 3 miliar.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi TV Android untuk Hiburan Keluarga

Melonjaknya nilai saham Netscape dapat dilihat sebagai pertanda banyaknya investor yang tertarik untuk memarkirkan uangnya di perusahaan internet, yang kemudian menciptakan apa yang disebut ‘dot-com bubble’.

Namun tidak lama setelah Netscape melakukan initial public offering (IPO), Microsoft — yang sebenarnya diam-diam menggarap browser-nya — merilis Windows 95, lengkap dengan Internet Explorer 1.0.

Meski akhirnya memiliki pesaing, Microsoft masih tertinggal dari Netscape. Hanya setelah IE 3.0 dirilis pada Agustus 1996, Microsoft dapat mengejar ketinggalan dengan teknologi browser Netscape.

Setelah itu, Microsoft — dengan berbagai taktik — mengejar pangsa pasar browsernya, termasuk melalui IE yang otomatis terinstal sebagai browser default di setiap PC berbasis Windows.

Netscape terus mengembangkan browser Navigator dan Communicator, dan pada tahun 1998 mereka merilis kode sumber Communicator, yang kemudian memicu pembuatan proyek Mozilla, dan menjadi browser Firefox.

Namun, setelah merilis kode sumber, pengembangan browser Netscape melambat, dan di sisi lain, Microsoft terus mendorong pengembangan. Mereka tercatat menghabiskan lebih dari USD 100 juta per tahun, dengan tim lebih dari 1000 orang.

Pada akhir 1999, Microsoft ‘memenangkan’ pangsa pasar browser, yang menjadi awal dari fase kematian Netscape.

Kondisi Netscape yang sudah terengah-engah mendapat tambahan nafas dari AOL (sebelumnya America Online), yang mengakuisisi Netscape seharga USD 4,2 miliar pada November 1998.

Namun perkembangannya masih lambat dan kinerja browser semakin buruk karena tampilan web semakin berat dan koneksi internet juga semakin cepat.

Agustus 2022 Netscape 7 dirilis, dan pada tahun yang sama AOL menutup divisi Netscape dan memberhentikan hampir semua karyawannya. Pada tahun 2005 AOL menjual Netscape ke Mercurial Communications, sebuah perusahaan Kanada, yang kemudian merilis Netscape Browser 8 pada Mei 2005.

BACA JUGA:  iPhone 13 & 13 Pro Ready Stock di iBox

AOL kemudian membeli kembali Netscape dan merilis Netscape Navigator 9 pada Oktober 2007, mempertahankannya selama beberapa bulan, merilis Netscape Navigator versi 9.0.0.6, dan akhirnya menutup browser.

Related posts