Presiden Jokowi menerima dukungan Presidensi G20 dari Presiden IsDB

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo menerima dukungan Presidensi G20 Indonesia dari Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Mohammed Al Jasser yang berkunjung bersama delegasinya ke Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Read More

“Kami juga membahas Kepresidenan G20 dan menyampaikan betapa bangganya kami dengan Kepresidenan Indonesia. Kami juga hadir untuk mendukung dengan berbagai cara agar Kepresidenan G20 Indonesia berhasil, terlepas dari segala tantangan yang dihadapinya,” kata Al Jasser dalam wawancara setelah pertemuan di saluran YouTube. Sekretariat Presiden resmi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mendampingi Presiden dalam pertemuan kedua pihak menjelaskan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi Presiden Al Jasser kepada Indonesia dan berharap hal ini dapat semakin mempererat hubungan Indonesia dengan IsDB.

“Ini merupakan kunjungan pertama beliau ke Indonesia sebagai Presiden Islamic Development Bank dan juga berharap dapat terjalinnya hubungan yang lebih erat dan kuat antara Indonesia dengan Islamic Development Bank,” ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Presiden: Satu juta UMKM yang masuk e-catalog LKPP harus selesai tahun ini

Sri Mulyani menjelaskan, saat ini Indonesia dan IsDB sedang mengembangkan framework untuk kerjasama lebih lanjut dengan beberapa cakupan program prioritas seperti pendidikan, dimana IsDB telah banyak membantu dalam pembangunan kampus-kampus di Indonesia.

Kemudian yang kedua di bidang kesehatan, dimana IsDB mendukung pengadaan vaksin di Indonesia dan penanganan pandemi COVID-19.

Selain itu, dibahas pula prioritas kerja sama di bidang infrastruktur, termasuk energi baru terbarukan atau pembiayaan berkelanjutan.

“Pak Presiden menyampaikan potensi ‘terbarukan’ di Indonesia dan isu ‘perubahan iklim’ yang sangat penting, dan Bank Pembangunan Islam juga melihat ini sebagai prioritas,” kata Sri Mulyani.

Hal lain yang dibahas dan sesuai dengan agenda G20 adalah teknologi digital yang juga dipandang sebagai prioritas oleh Presiden Islamic Development Bank.

Dalam konteks ini, lanjut Sri Mulyani, Presiden Al Jasser telah mengunjungi berbagai proyek, termasuk di IMERI University, untuk melihat potensi penelitian yang dapat dibagikan dengan negara-negara anggota Islamic Development Bank lainnya.

Beliau juga menyampaikan tentang dukungan Islamic Development Bank terhadap Presidensi G20 Indonesia yang saat ini menghadapi situasi yang sangat menantang di G20. Sehingga beliau juga sangat mendukung agenda kita yaitu mengenai isu ‘teknologi digital, keuangan berkelanjutan ‘, dan ‘arsitektur kesehatan dan keuangan bersama’,” katanya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu.

Baca juga: Seknas Fitra Minta Presiden Evaluasi Kinerja Menteri Pangan
Baca juga: Relawan di Banyumas Siap Dukung Sikap Jokowi di Pilkada 2024

Reporter: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts