Polandia mengamankan tempat di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swedia 2-0

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Timnas Polandia mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 di babak final playoff kualifikasi zona Eropa rute B di Stadion Silesian, Chorzow, Polandia, Selasa malam waktu setempat. Rabu pagi WIB).

Read More

Dua gol kemenangan Polandia dicetak melalui penalti Robert Lewandowski pada menit ke-50 dan tembakan Piotr Zieliski pada menit ke-72, menurut catatan resmi UEFA.

Keberhasilan Polandia melaju ke putaran final Qatar 2022 membuat mereka tampil untuk kesembilan kalinya di Piala Dunia setelah sebelumnya berpartisipasi pada edisi 1938, 1974, 1978, 1982, 1986, 2022, 2006 dan 2018.

Baca juga: Senegal Maju ke Piala Dunia 2022 Setelah Singkirkan Mesir

Di babak pertama, Polandia mampu menciptakan peluang pertama melalui Robert Lewandowski ketika sundulannya masih menyamping dari gawang Swedia.

Swedia mengubah ancaman melalui upaya striker Real Sociedad Alexander Isak pada menit ke-13 tetapi tembakannya terlalu mudah untuk kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Selama babak pertama, kedua tim bermain terbuka dan saling memberikan ancaman, namun hingga jeda skor 0-0 untuk Polandia dan Swedia tetap utuh.

Baca juga: Ghana Tim Afrika Pertama yang Amankan Tiket ke Qatar 2022

Di babak kedua, Swedia lebih dulu mengancam gawang Polandia, kali ini melalui upaya striker Tottenham Hotspur Dejan Kulusevski, namun tendangannya berhasil diselamatkan Szczesny.

Polandia memiliki peluang emas untuk unggul pada menit ke-48 setelah mendapat hadiah penalti ketika gelandang Swedia Jesper Karlstrom melanggar Grzegorz Krychowiak di dalam kotak.

BACA JUGA:  Aston Villa dan Atletico Madrid Siap Menampung Gini Wijnaldum dari PSG

Robert Lewandowski, yang maju sebagai algojo, melakukannya dengan baik dan membawa Polandia unggul 1-0 pada menit ke-50 setelah tembakannya salah dibaca oleh kiper Swedia Robin Olsen.

Baca juga: Ditahan Vietnam 1-1, Pelatih Jepang Minta Timnya Berbenah

Memimpin 1-0, Polandia semakin percaya diri dan memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-72 ketika gelandang Napoli Piotr Zielinski mencetak gol setelah memanfaatkan kesalahan pertahanan Swedia.

Di sisa waktu babak kedua, Swedia melakukan beberapa perubahan, termasuk memasukkan striker uzur Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-80, namun hingga peluit akhir, skor 2-0 untuk keunggulan Polandia ditahan.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Menolak Anggapan Karirnya Sudah Dekat!

Reporter: Aldi Sultan
Redaktur: Aditya Eko Sigit Wicaksono
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts