Playfix Menawarkan Platform untuk Game Blockchain

  • Whatsapp

Di dunia istilah blockchain dan crypto currency sudah dikenal oleh masyarakat umum, bahkan saat ini masyarakat sedang mengalami ‘demam’ NFT. Mulai dari Ghozali dengan total NFT hingga 1,5 miliar rupiah hingga Karafuru yang telah berhasil menjual NFT seharga 5 ETH di Opensea.

Di sisi lain, penggunaan blockchain selain untuk NFT, salah satu bidang yang berkembang sangat pesat adalah Cryptogaming/Web3 games/Blockchain games atau lebih dikenal dengan Play2earn.

Read More

Menurut laporan dari Blockchain Game Alliance (BGA), total pendapatan dari game berbasis blockchain dan NFT pada Q3 2021 mencapai USD 2,32 miliar. Minat masyarakat terhadap blockchain gaming terus meningkat, terlihat dari data Google Trends 2021.

Namun, ada celah dalam pengembangan game blockchain baik secara global maupun lokal. Dunia sendiri merupakan pasar yang sangat menjanjikan bagi industri game dengan jumlah pemain terbesar di Asia Tenggara yaitu 118 juta pemain.

Meski sangat menjanjikan, perkembangan game blockchain memiliki hambatan masuk yang sangat besar yaitu teknologi, regulasi, skill/pengetahuan dan biaya yang besar, seperti yang terlihat dari data Blockchain Game Alliance:

Namun kini sudah ada anak perusahaan nasional yang memungkinkan semua orang membuat game blockchain, yaitu Playfix.

Playfix yang mengusung tagline Web3 Game Publisher menjanjikan platform di mana para pengembang game dapat dengan mudah membangun, meluncurkan, dan mengembangkan game blockchain.

Playfix COO Raymond Sutanto adalah orang yang sudah lama berkecimpung di bisnis blockchain, terutama cryptocurrency. Dia adalah salah satu pendiri Zipmex, sebuah perusahaan pertukaran Crypto dari Indonesia.

BACA JUGA:  Instagram Marc Marquez Cs Dipenuhi Momen Parade di Jakarta

“Dunia game blockchain berkembang sangat cepat dan sangat menjanjikan, tetapi kami menyadari bahwa tidak semua orang (baca: pengembang game) memiliki keterampilan, teknologi, dan anggaran untuk dapat membuat game blockchain. Ini dapat memperlambat adopsi dan pertumbuhan. Itu mengapa kami di sini untuk membuka akses dan memberikan jalan bagi semua pengembang game untuk bergabung dengan game blockchain,” kata Raymond, dalam sebuah pernyataan yang diterima oleh kami.

Playfix memiliki tiga fitur utama, yaitu:

BUILD: API dan Konsol untuk pengembang game untuk membangun game mereka di blockchain. Pengembang game akan dapat membuat Token Game, NFT, dan memaksimalkan semua fitur blockchain.

PELUNCURAN: Playfix menyediakan landasan peluncuran bagi pengembang game untuk meluncurkan game mereka. Tidak hanya itu, launchpad ini juga mampu mendukung game-game blockchain untuk melakukan IGO (Initial game Offering) dimana para pengembang game dapat mencari pendanaan melalui penawaran awal dari game-game mereka.

TUMBUH: Tantangan lain dalam membuat game blockchain sukses adalah membangun komunitas dan mendapatkan eksposur untuk game mereka. Playfix memberikan dukungan pada pembangunan komunitas dan sisi pemasaran untuk semua game blockchain yang menggunakan platform Playfix.

Playfix sendiri sedang dalam tahap pengembangan dan rencananya akan diluncurkan pada tahun 2022. Selain membuat platform untuk game blockchain, Playfix juga akan meluncurkan Token PFX mereka yang akan menjadi salah satu token transaksi di platform mereka.

“Kami berencana untuk meluncurkan platform pada tahun 2022 dan juga melakukan IDO (initial decentralize offering) untuk token Pfx, yang nantinya akan menjadi token transaksi kami. Diharapkan token Pfx bisa mendapatkan valuasi yang kuat sehingga juga bisa dilihat sebagai token untuk investasi”, tutup Raymond.

BACA JUGA:  Ketahui Perbedaan Cinta Sejati dan Takut Kehilangan Khas Borderline Personality Disorder, Cek Disini!

Related posts