Perang bukanlah lelucon, 5 film ini menggambarkan Perang Dunia I dan II yang menakutkan dan menyakitkan!

Setelah berita luas tentang Rusia dan Ukraina, banyak yang berasumsi bahwa perang dunia ketiga akan terjadi. Tak hanya itu, banyak juga yang menjadikan perang sebagai lelucon.

Namun, perang bukanlah lelucon. Perang itu mengerikan dan bisa merenggut banyak nyawa. Ini dia 5 film berlatar Perang Dunia I dan II yang menggambarkan perang yang menegangkan sekaligus menakutkan!

1. Menyelamatkan Prajurit Ryan (1998)

Saat mencari film tentang perang, film Saving Private Ryan, belum selesai rasanya jika tidak muncul terlebih dahulu. Salah satu film terbaik dan favorit banyak orang yang menggambarkan perang secara detail dan juga brutal. Film ini diatur dalam Invasi Normandia dalam Perang Dunia II dan menggambarkan serangan di Pantai Omaha selama pendaratan Normandia.

Saving Private Ryan mengikuti Kapten John H. Miller dan pasukannya untuk mencari Private First Class, James Francis Ryan, saudara lelaki terakhir dari 4 bersaudara, yang tiga saudaranya tewas dalam aksi. Dalam film ini Captain Miller diperankan oleh Tom Hanks, sedangkan Ryan diperankan oleh Matt Damon.

2. Daftar Schindler (1999)

Schindler’s List, film yang rilis pada tahun 1999 ini masuk sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Film ini bercerita tentang Oskar Schindler, seorang industrialis Jerman yang menyelamatkan lebih dari 1000 pengungsi Polandia-Yahudi dari Holocaust. Schindler menyelamatkan mereka dengan mempekerjakan mereka di pabriknya selama Perang Dunia II.

Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan diadaptasi dari novel non-fiksi, Schindler’s Ark, yang ditulis oleh novelis Australia Thomas Keneally dan dirilis pada tahun 1982. Schindler’s List dibintangi oleh Liam Neeson sebagai Schindler, Ralph Fiennes sebagai Amon Göth, dan Ben Kingsley sebagai seorang Yahudi akuntan. , Itzhak Stern.

3. Bukit Gergaji Besi (2016)

Hacksaw Ridge adalah film perang biografi 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibson. Film ini berfokus pada pengalaman Perang Dunia II dari Desmond Doss, seorang petugas medis tempur Amerika dan seorang Kristen Advent. Dia menolak untuk membawa atau menggunakan senjata atau senjata api dalam bentuk apa pun. Desmond hanya ingin menyelamatkan orang sebanyak mungkin, meskipun dia adalah musuh.

Dalam film ini, Andrew Garfield memerankan Desmond Doss dan Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer dan Hugo Weaving dalam peran pendukung. Melalui Hacksaw Ridges, Andrew mendapatkan nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik.

4. Dunkirk (2017)

Sutradara terkenal Christopher Nolan juga membuat film perang, Dunkirk, yang mengumpulkan banyak nominasi Oscar. Berlatarkan Perang Dunia II, film ini menggambarkan evakuasi Dunkirk dari perspektif darat, laut, dan udara. Meski hanya dengan sedikit dialog, penonton sudah bisa merasakan ketegangan dari sinematografi, musik, dan skor.

Dunkirk dibintangi oleh Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden dan debut film penyanyi Harry Styles. Selain itu, James D’Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance, dan Tom Hardy muncul dalam peran pendukung.

5. 1917 (2019)

Salah satu film perang yang terakhir dirilis adalah tahun 1917. Film perang Inggris ini disutradarai dan diproduseri oleh Sam Mendes. Terinspirasi oleh cerita kakek Sam tentang pengabdiannya selama Perang Dunia I, film ini berlatar belakang setelah Jerman mundur ke Garis Hindenburg selama Operasi Alberich.

Film tahun 1917 ini mengikuti dua tentara Inggris, Will Schofield dan Tom Blake dalam misi mereka untuk menyampaikan pesan penting untuk membatalkan serangan yang ternyata merupakan jebakan. Tentara Inggris Will dan Tom diperankan oleh George MacKay dan Dean-Charles Chapman. Aktor Benedict Cumberbatch juga muncul dalam film ini.

Lima film perang di atas sudah cukup menggambarkan kondisi perang secara detail. Hampir semua perang menyakitkan dan merenggut nyawa. Jadi, jangan anggap perang sebagai lelucon lagi, oke?