Penipuan NFT Senilai USD 1,1 Juta, Dua Pria Ditangkap

  • Whatsapp

Pihak berwenang AS telah mendakwa dua pria bernama Ethan Nguyen dan Andre Llacuna dengan penipuan dan pencucian uang melalui skema ‘tarikan karpet’. Rug pull adalah istilah curang dalam crypto, di mana pengembang menutup proyeknya secara tiba-tiba setelah mengumpulkan dana dari investor.

Keduanya diketahui menjual karakter kartun NFT bernama Frosties. Setelah menjual NFT seharga USD 1,1 juta, keduanya menutup proyek dan mentransfer uangnya ke dompet kripto yang terpisah.

Read More

Project Frosties memulai penyelidikan oleh Internal Revenue Service, Criminal Investigation (IRS-CI) dan Homeland Security Investigations (HCI) pada bulan Januari, tak lama setelah menerima keluhan tentang dugaan penipuan.

Frosties sendiri merupakan proyek berskala besar. Mereka menjual 8.888 NFT dengan harga masing-masing USD 130 di Ethereum dan terjual habis dalam waktu satu jam setelah peluncuran.

Namun setelah sold out dua penciptanya langsung kabur. Parahnya, pemilik NFT Frosties yang mencoba menjual kembali koleksinya hanya mendapatkan beberapa dolar.

Korban juga kehilangan harapan untuk mendapatkan bonus yang dijanjikan oleh pembuatnya, seperti avatar pilihan mereka dalam 3D dan video game Frosties. Kini kedua kreator tersebut telah ditahan di Los Angeles, California dan menghadapi hukuman penjara maksimal 20 tahun.

Nguyen rupanya meminta maaf kepada komunitas Frosties di Discord. Dia juga mengirim beberapa Ethereum ke moderatornya untuk meminta maaf dan menyarankan mereka untuk menghapus akun Discord.

“Saya tahu ini mengejutkan, tetapi proyek ini akan segera berakhir. Saya tidak pernah berniat untuk melanjutkan proyek, dan saya tidak punya rencana untuk masa depan,” kata Nguyen, seperti dikutip The Verge, Jumat (25/3). /2022).

BACA JUGA:  Instagram Menambahkan Opsi Tag, Kabar Baik untuk Pembuat Konten

Meski proyek Frosties sudah bangkrut, Nguyen dan Llacuna tampaknya belum menyerah untuk meluncurkan proyek NFT. Keduanya sedang bersiap untuk meluncurkan proyek NFT baru bernama Embers yang dijadwalkan rilis pada akhir Maret.

Skema penipuan karpet di dunia crypto semakin diekspos seiring meningkatnya popularitas mereka, tetapi mereka jarang diselidiki sebagai kasus kriminal. Menurut data Chainalysis, total kerugian dari penipuan karpet menarik berjumlah USD 2,8 miliar dalam cryptocurrency, atau 37% dari semua penipuan crypto.

Related posts