Pembelian panik: Pembeli Hong Kong menelanjangi rak supermarket di tengah kekhawatiran penguncian

Pembeli bertemu dengan rak-rak kosong di supermarket di seluruh Hong Kong pada hari Selasa karena kekhawatiran akan penguncian meningkat di kota yang dilanda COVID.

Di outlet Wellcome di Sai Ying Pun, rak-rak yang dulunya berisi daging dan produk segar disapu bersih oleh pembeli yang panik.

Pembeli yang panik menyapu bersih rak di supermarket di Sai Ying Pun.

Seorang penduduk di lingkungan itu yang mengunjungi toko sekitar pukul 1 siang mengeluh bahwa hampir tidak ada yang tersisa.

Ia meyakini panic buying tersebut diperparah dengan ditutupnya Pasar Sai Ying Pun selama satu hari untuk disinfeksi akibat sejumlah kasus COVID-19.

Di media sosial, seorang pengguna Facebook membagikan foto banyak pembeli yang menunggu di luar gerai Taste, yang dimiliki oleh ParknShop, sebelum dibuka.

Kegilaan pembelian panik juga telah menyebar ke toko online.

Pelanggan eShop ParknShop harus mengantri untuk masuk ke toko.

Sekitar 14:30 pada hari Selasa, ada antrian sekitar 14 menit untuk memasuki eShop ParknShop.

Tetapi tidak ada slot waktu yang tersedia untuk pengiriman dalam 12 hari mendatang untuk eShop ParknShop. Layanan penjemputan juga ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Putaran pembelian panik baru-baru ini dipicu oleh komentar Menteri Makanan dan Kesehatan Hong Kong Sophia Chan pada hari Senin bahwa pemerintah tidak mengesampingkan penguncian seluruh kota untuk mengikuti program pengujian massal COVID-19 wajib – yang akan berlangsung bulan ini – dan rumor bahwa ParknShop, salah satu jaringan supermarket terbesar di kota itu, menutup semua toko untuk sementara mulai Senin depan.

Kemudian pada hari itu, Kepala Eksekutif Carrie Lam mengimbau masyarakat untuk tidak menjadi mangsa rumor untuk menghindari ketakutan yang tidak perlu diaduk. Dia juga menekankan bahwa pasokan makanan dan barang tetap normal.

Sementara itu, ParknShop mengumumkan di halaman Facebook-nya pada hari Selasa bahwa beberapa tokonya akan tutup lebih awal demi keselamatan karyawan dan pelanggannya mengingat parahnya pandemi.

Beberapa gerai ParknShop, Taste, dan Fusion — termasuk yang ada di E-Max di Kowloon Bay, Celestial Heights di Ho Man Tin dan Ocean Stores di Tseung Kwan O — akan tutup pada pukul 3 sore.