Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbakar, Menteri Luar Negeri Ukraina peringatkan jika meledak bisa 10 kali lebih buruk dari Chernobyl

  • Whatsapp

Akibat serangan Rusia, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina terbakar. Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, memperingatkan bahwa jika pembangkit listrik tenaga nuklir meledak, dampaknya bisa 10 kali lipat dari Chernobyl.

“Jika meledak, itu akan menjadi 10 kali lebih besar dari Chernobyl!! Rusia harus segera menghentikan serangan itu,” kata Kuleba melalui Twitter, Jumat (4/2).

Read More

Di tengah kobaran api, pembangkit listrik tenaga nuklir yang konon terbesar di Eropa dan terletak di kota Enerhodar itu juga sulit dipadamkan, karena pasukan Rusia menembaki tim pemadam kebakaran.

“Petugas pemadam kebakaran tidak bisa mulai memadamkan api di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia. Mereka ditembaki,” kata Kementerian Energi Atom Ukraina dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

“Akibat pengeboman tanpa henti musuh terhadap bangunan dan unit di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar,” kata Walikota Enerhodar Dmytro Orlov melalui jejaring sosial Telegram, dikutip Reuters.

Dia mengatakan bahwa serangan terus-menerus Rusia merupakan ancaman bagi keamanan dunia, terutama ketika serangan terjadi di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pihak berwenang Ukraina melaporkan bahwa Rusia terus meningkatkan upaya untuk merebut pembangkit listrik tenaga nuklir. Tank Rusia dilaporkan menabrak jalan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir, tetapi diblokir oleh penduduk setempat.

Lantas apa tindakan warga dalam upaya memblokir jalan utama menuju PLTN?

Related posts