PC yang haus daya? Inilah Berapa Banyak Listrik yang Dikonsumsi Komputer Anda

  • Whatsapp

Kita semua tahu bahwa kita harus menidurkan komputer saat tidak digunakan, tetapi mudah untuk menjadi malas dan membiarkannya menyala sepanjang hari. Berapa banyak uang yang sebenarnya Anda buang untuk listrik, dengan melakukan itu? Setelah beberapa perhitungan, Anda harus bisa mengetahuinya.


Faktor Perhitungan

Biaya menjalankan komputer Anda akan sangat bervariasi berdasarkan beberapa faktor:

Read More

Lokasi

Di AS, biaya rata-rata listrik adalah sekitar 13 sen per kilowatt hour (KWh), ukuran penggunaan listrik dari waktu ke waktu. Tapi listrik lebih mahal di daerah tertentu daripada yang lain. Misalnya, Louisiana dan Washington rata-rata kurang dari 10 sen/KWh, sedangkan Hawaii lebih dari 30 sen/KWh. Jadi ada baiknya mengetahui berapa biaya listrik di kota Anda.

Komponen PC

Jelas, PC gaming yang kuat dengan komponen terbaik akan menggunakan lebih banyak listrik di bawah beban daripada Chromebook dengan CPU berdaya rendah. Jika Anda memiliki rig gaming mahal dengan kartu grafis diskrit dari Nvidia atau AMD, Anda akan membutuhkan lebih banyak listrik untuk menyalakannya, dan membayar lebih mahal.

Penggunaan

Hanya karena PC Anda adalah binatang buas dengan catu daya 750 watt tidak berarti PC Anda akan menggunakan 750 watt setiap saat. Sebagian besar PC dilengkapi dengan fitur hemat daya yang menurunkan penggunaan energi saat komputer tidak digunakan, atau melakukan tugas dasar seperti menjelajahi web. Jadi seseorang menambang Bitcoin atau [email protected](Membuka di jendela baru) akan menggunakan lebih banyak daya daripada seseorang yang mengetik dokumen Word, bahkan jika mereka melakukannya pada PC yang sama persis untuk jumlah jam yang sama setiap hari.


Ukur Penggunaan Listrik Anda

PC yang haus daya?  Inilah Berapa Banyak Listrik yang Dikonsumsi Komputer Anda

Karena penggunaan dapat sangat bervariasi dari PC ke PC (dan orang ke orang), cara terbaik untuk mengetahui biaya listrik Anda adalah dengan mengukurnya sendiri. Anda dapat membeli pengukur Kill-A-Watt sederhana(Membuka di jendela baru)dan gunakan untuk mengukur apa saja di rumah Anda.

Untuk mengukur penggunaan PC Anda, matikan semuanya, colokkan PC Anda ke Kill-A-Watt, lalu colokkan Kill-A-Watt ke dinding. (Saya sebenarnya merekomendasikan untuk mencolokkan seluruh pelindung lonjakan arus Anda ke Kill-A-Watt—dengan begitu, Anda tidak hanya mengukur penggunaan energi PC, tetapi juga monitor, speaker, dan periferal lainnya).

Tekan ungu KWh tombol pada pengukur Kill-A-Watt Anda, lalu nyalakan kembali PC Anda dan gunakan seperti biasa. Periksa Kill-A-Watt sekali sehari atau lebih untuk memastikan tidak kehilangan daya dan reset ke nol. Saya sarankan menunggu seminggu sehingga memiliki periode penggunaan yang baik untuk bekerja.


Hitung Biaya Listrik Anda

Setelah seminggu, catat nomor yang ditampilkan pada pengukur Kill-A-Watt Anda, pastikan tombol ungu ditekan dan Anda mendapatkan angka yang tepat. Dari sini, ini hanya sedikit matematika sederhana: Kalikan angka itu dengan biaya listrik di wilayah Anda (jika kota Anda menggunakan harga berjenjang berdasarkan waktu, cukup gunakan tarif rata-rata kota Anda untuk mendapatkan angka rata-rata). Hasilnya adalah berapa biaya komputer Anda untuk menjalankan selama satu minggu.

Untuk pengujian saya, saya membiarkan komputer saya menyala selama sekitar 12 jam setiap hari kerja—sekitar delapan di antaranya digunakan secara aktif, karena saya bekerja dari rumah, dan empat lainnya dibiarkan menganggur. Akhir pekan hanya terlihat beberapa jam penggunaan, dengan saya membiarkan komputer tidur hampir sepanjang hari.

Beban kerja khas hari kerja bagi saya mencakup banyak penjelajahan web dan penulisan dokumen, bersama dengan permainan sesekali dan beban kerja berat lainnya. Pada akhir minggu, meteran Kill-A-Watt saya membaca penggunaan 11,02 KWh. Karena biaya rata-rata listrik sekitar 28 sen/KWh di sini di San Diego, biaya mingguan saya kira-kira: 11,02 KWh x $0,28/KWh = $3,08 per minggu, jadi $3,08 x 52 minggu/tahun memberi kami perkiraan tahunan sebesar $160,16 per tahun.

Itu tidak setinggi yang saya harapkan, terutama mengingat “skenario terburuk” saya dari pengaturan yang haus daya, kota yang mahal, dan fakta bahwa saya menggunakan PC saya sepanjang hari.


Apa yang Harus Dilakukan dari Hasil

Alat ukur listrik dengan tumpukan koin - Stok Foto

(Foto: Talaj/Getty Images)

Mengingat bahwa saya membiarkan komputer saya menganggur selama beberapa jam sehari selama pengujian ini, Sangat mudah untuk melihat bagaimana membuat komputer saya tertidur ketika saya tidak menggunakannya bisa mungkin menghemat $30-$50 per tahun. Bukan apa-apa untuk disindir, tapi itu juga bukan uang sewa. Namun, komputer Anda hanyalah sebagian kecil dari total penggunaan daya rumah Anda, jadi ada alasan—baik lingkungan maupun finansial—untuk menghemat listrik.

Selain itu, kebanyakan orang mungkin akan memiliki banyak biaya tahunan yang lebih rendah daripada saya—mungkin dalam puluhan dolar—jika mereka hanya menggunakan komputer mereka selama beberapa jam sehari atau tinggal di kota yang lebih murah. Intinya di sini adalah Anda tidak perlu membuat diri Anda stres karena Anda tidak sengaja membiarkan komputer menyala tadi malam. Ini mungkin tidak akan membuat penyok besar dalam tagihan Anda.

Seperti Apa yang Anda Baca?

Mendaftar untuk Tips dan Trik newsletter untuk saran ahli untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknologi Anda.

Buletin ini mungkin berisi iklan, penawaran, atau tautan afiliasi. Berlangganan buletin menunjukkan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja.

Related posts