Papua Juara Piala Tanah Air 2021-2022

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Papua menjadi juara turnamen sepak bola nasional putri Piala Pertiwi 2021-2022 setelah mengalahkan Bangka Belitung 3-1 pada laga pamungkas di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Senin (28/3).

Read More

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Papua tertinggal 0-1 setelah Firanda mencetak gol untuk Bangka Belitung (34′).

Namun, Papua berhasil bangkit dan mencetak gol melalui Marsela Yuliana Awi (38′ dan 79′) dan Remini Rumbewas (41′).

Marsela Yuliana pun turut senang dengan prestasi timnya. Menurutnya, kunci kemenangan di laga final adalah bermain menekan dan sebisa mungkin tidak melakukan kesalahan.

Menurut Marsela, permainan Bangka Belitung tak berbeda saat kedua tim bertemu di Grup A dalam laga yang berakhir imbang 3-3.

“Tidak ada yang berbeda dari pertandingan Bangka Belitung, sama seperti di fase grup. Kami hanya bermain lebih menekan dan mengurangi kesalahan sendiri untuk mencapai target,” kata Marsela.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala AFF Wanita U-18 2023

Sementara itu, perebutan tempat ketiga Piala Pertiwi 2021-2022 direbut Jawa Timur yang mengalahkan Nusa Tenggara Timur dengan skor 2-0 dalam perebutan tempat ketiga.

Tim Jatim juga dinobatkan sebagai tim paling “fair play” dan pemainnya, Dewi Tia Safitri, menjadi top skorer turnamen tersebut.

Pertiwi Cup terbaru digelar pada 18-28 Maret 2022 di Bandung, Jawa Barat. Ada 18 provinsi yang berpartisipasi dan mereka ditempatkan di empat grup dari A hingga D.

Menyikapi Piala Ibu Pertiwi 2021-2022, PSSI menyebut turnamen tersebut menjadi angin segar bagi sepak bola putri yang sebelumnya sempat vakum akibat pandemi COVID-19.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga mengapresiasi Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) yang menjadi penyelenggara turnamen tersebut.

Iriawan juga menegaskan, para pemain Piala Pertiwi di bawah pantauan PSSI sedang mencari pemain untuk timnas.

“Turnamen ini menjadi rekor PSSI melihat talenta-talenta baru yang bisa dijadikan pertimbangan menyusul seleksi timnas nanti,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Baca juga: Pelatih Timnas Putri Minta Maaf Usai Tersingkir dari Piala Asia

Reporter: Michael Siahaan
Redaktur: Irwan Suhirwandi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts