Nvidia Siapkan USD 10 miliar untuk Produksi Chip di TSMC

  • Whatsapp

Nvidia dikabarkan menyiapkan dana sebesar USD 10 miliar untuk membayar biaya produksi chip ke TSMC.

Secara khusus, dana tersebut disiapkan untuk memproduksi chip menggunakan proses N5 (5nm) TSMC. Apalagi Nvidia diberi bagian dari kapasitas produksi TSMC yang terbatas dan telah dipesan oleh Bitmain, AMD, dan Apple.

Read More

Chip yang akan diproduksi dengan proses 5nm kemungkinan adalah seri GeForce RTX 4000 (Ada Lovelace). Arsitektur ini dikatakan jauh lebih cepat dan lebih haus daya daripada arsitektur Ampere yang digunakan sebelumnya.

Namun masalah utamanya tentu saja kapasitas produksi chip yang terbatas, dan Nvidia memiliki banyak pesaing yang juga ingin memproduksi chip dengan fabrikasi tersebut.

Dalam arsitektur Ampere pada RTX 3000, Nvidia menggunakan layanan Samsung untuk memproduksi chip 8nm. Seri RTX 3000 dikenal sebagai GPU yang haus daya, dan Nvidia dikabarkan mendapatkan chip yang kurang berkualitas untuk seri tersebut, seperti dikutip dari Techspot, Selasa (22/2/2022).

Untuk itu, penggunaan fabrikasi yang lebih kecil (5nm) mungkin dapat membantu mengatasi masalah ini. Namun, chip 5nm buatan TSMC ini agak lebih mahal, yang mungkin berdampak pada harga kartu grafis yang lebih tinggi.

Dengan kabar munculnya pesaing GPU dari Intel yaitu Arc Alchemist, Nvidia mungkin harus memastikan ketersediaan kartu grafisnya agar pasarnya tidak tergerus.

Nvidia tidak mengeluarkan dana USD 40 miliar untuk mengakuisisi Arm karena rencana akuisisi tersebut kini telah dibatalkan.

SoftBank mengumumkan pembatalan ini dalam sebuah pernyataan. “Nvidia dan SBG (SoftBank Group) telah sepakat untuk membatalkan perjanjian pada 8 Februari 2022 karena masalah regulasi utama yang menghambat realisasi transaksi meskipun kedua belah pihak menunjukkan itikad baik,” tulis SoftBank dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:  Kerumunan Pengembang Game Mengutuk Serangan Rusia ke Ukraina

Related posts