Netizen Perdebatkan Gatotkaca Dituduh Plagiat Captain Marvel

  • Whatsapp

Di Twitter, ada banyak perdebatan tentang Gatotkaca. Karakter boneka ini dianggap sebagai tiruan dari Captain Marvel. Bagaimana bisa?

Pemicunya adalah teaser trailer film Satria Dewa: Gatotkaca yang dirilis di media sosial. Banyak netizen yang berkomentar bahwa Gatotkaca memiliki logo bintang yang sama di dadanya dengan Captain Marvel.

Read More

Perdebatan antara +62 warga berlangsung sengit di Twitter sebagaimana terpantau kami, Rabu (23/2/2022). Banyak yang berkomentar bahwa bintang-bintang itu mirip dan mempertaruhkan gugatan hak cipta dari Marvel dan Disney.

“Mirip logo Captain Marvel #GatotKaca,” kata @itsla***.

“Sebaiknya siapkan IP untuk film dan komik Gatotkaca karena Disney akan menggugat apapun terkait atribut yang digunakan Disney,” kata @unthought***.

“Nah, lihat saja nanti pihak Marvel bermasalah atau tidak, karena ini terkait dengan hak cipta,” kata @nal***.

“Meskipun sejarahnya bintang di dada, implementasinya masih mirip dengan Captain Marvel,” kata @hemz***.

“Tapi memang benar, itu captain marvel. Di wayang, bintang di dada gatotkaca itu belum pernah melihat yang mirip bintang captain marvel,” kata @gagak***.

Namun, banyak netizen yang membelanya. Rata-rata, netizen yang mendukung Captain Marvel tidak mengetahui sejarah karakter Gatotkaca yang selalu menggunakan simbol bintang/matahari di dadanya.

Banyak netizen yang membagikan berbagai foto wayang Gatotkaca, atau karakter Gatotkaca dari game Bang Bang Mobile Legends, atau adegan Warkop Jakarta lama di mana Kasino menjadi Gatotkaca. Hal ini untuk membuktikan bahwa Ghatotkacha selalu menggunakan simbol bintang.

BACA JUGA:  Perang dengan Ukraina belum berakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk datang ke Indonesia

“Sebenarnya netizen tidak memikirkan mana yang menggunakan simbol bintang sejarah, karena film Captain Marvel keluar lebih dulu, jadi seolah-olah Gatotkaca dikatakan meniru Captain Marvel,” kata @ysfarr***.

“Penggemar Marvel yang bilang Satria Dewa: Gatotkaca mirip Captain Marvel itu toxic banget,” kata @Jo0118***.

“Bahkan Captain Marvel mirip Gatotkaca. Logo Gatotkaca sudah ada lebih lama dari Captain Marvel,” bela @fezar***.

“Kalian semua juga aneh, tokoh cerita rakyat yang berusia ratusan tahun dituduh peniru #CaptainMarvel #Gatotkaca,” kata @gracie***.

Related posts