Misteri Pilot Rusia ‘Kiev Ghost’, Mitos atau Fakta?

Di Ukraina lagi-lagi ada video viral di Twitter yang menceritakan tentang Ghost of Kyiv atau Hantu Kiev. Dia adalah pilot dari pembantaian misterius puluhan jet tempur Rusia. Apa saja faktanya?

Kisah Ghost of Kyiv dimulai dari tweet resmi pemerintah Ukraina pada 27 Februari 2022 atau 3 hari setelah invasi Rusia dimulai pada 24 Februari 2022. Tweet ini berasal dari akun @Ukraine dengan centang biru.

“Orang-orang menyebutnya Hantu Kiev. Dan tentu saja itu benar – kartu as dari UAF ini mendominasi langit di atas ibu kota dan negara. Dan itu menjadi mimpi buruk bagi pesawat Rusia untuk menyerang,” tulis akun @Ukraine.

Tweet itu termasuk video jet tempur Ukraina menembak jatuh jet tempur Rusia. Ada pepatah yang mengatakan bahwa ini adalah kartu as pertama sejak Perang Dunia II dari seorang pilot yang tidak disebutkan namanya yang menerbangkan MiG-29 yang dijuluki Ghost of Kyiv.

Ace adalah sebutan untuk pilot yang telah menghancurkan setidaknya 5 jet tempur musuh. Hantu Kiev ini diklaim telah menghancurkan 6 jet tempur Rusia dalam 30 jam pertama invasi. Pada 26 Februari 2022, ia mengaku menghancurkan 10 jet tempur Rusia lainnya.

Tweet video tersebut menjadi viral di Twitter, dilihat 1,5 juta kali, mendapat 13.200 retweet, 1.321 tweet kutipan, dan 79.800 suka. Reaksi netizen tentu saja bangga dan berapi-api. Benar-benar membangkitkan semangat juang.

Pertanyaannya adalah… hantu Kiev itu nyata atau tidak? Kantor berita Jerman Deutsche Welle melakukan cek fakta seperti dilansir kami, Jumat (4/3/2022).

Hasilnya, video jet tempur tersebut ternyata berasal dari video game Digital Combat Simulator World. Kemudian tweet lain berupa foto mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko yang mengaku sebagai Hantu Kyiv ternyata adalah foto lama seorang pilot Ukraina.

Kesimpulannya, video dan foto di media sosial yang mengaku sebagai Hantu Kiev adalah palsu. Namun, benarkah ada pilot jagoan di Angkatan Udara Ukraina yang menjatuhkan puluhan jet tempur Rusia?

Hanya pemerintah Ukraina yang bisa menjawabnya. Kementerian Pertahanan Ukraina tidak menanggapi permintaan informasi tentang identitas pilot dari Deutsche Welle. Namun, ada tweet lain dari Kementerian Pertahanan Ukraina.

“Puluhan pilot militer berpengalaman dari kapten hingga jenderal yang sudah pensiun bergabung kembali dengan Angkatan Udara. Siapa tahu, mungkin salah satunya adalah pilot MiG-29 yang sering ditonton oleh masyarakat Kiev,” kata Kementerian Pertahanan Ukraina. , mengacu pada Hantu Kiev.