Menteri Plate turut berduka cita atas meninggalnya pekerja PT PTT di Papua

Kami mendorong seluruh masyarakat (anggota) untuk berkolaborasi dalam menciptakan dan menjaga kondisi yang aman agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua dapat berjalan dengan lancar.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate turut berduka cita atas meninggalnya delapan pekerja perusahaan telekomunikasi yang diserang kelompok teroris separatis Papua bersenjata di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, pada 2 Maret 2022.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga pekerja PT Palapa Timur Telematika (PT PTT) yang menjadi korban penyerangan tersebut,” katanya dalam siaran pers yang dikeluarkan, Jumat.

Perseroan merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang ditunjuk kementerian sebagai pengembang Proyek Palapa Ring Timur, proyek infrastruktur telekomunikasi strategis nasional untuk provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Menkeu mengutuk serangan yang dilakukan di tengah upaya pemerintah untuk mempercepat pemerataan konektivitas digital di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Papua.

Dia berharap penegakan hukum yang tepat terhadap para pelaku serta pemulihan keamanan dilakukan tanpa penundaan oleh pihak berwenang.

Penyerangan terjadi pada 2 Maret 2022 sekitar pukul 03.00 WIB di Site Repeater B3 perusahaan di Kabupaten Puncak, ujarnya.

Kelompok bersenjata itu menyerang sembilan pekerja PT PTT, menewaskan delapan orang, dan merusak sejumlah bangunan dan infrastruktur di sekitar lokasi, katanya.

Sejak 3 Maret 2022, perusahaan telah melakukan upaya untuk mengevakuasi tubuh delapan korban dan satu-satunya yang selamat dengan mempertimbangkan dengan cermat keamanan dan kondisi cuaca setempat saat ini, katanya.

Berita terkait: Pekerja di Papua terjebak dalam lingkaran setan kekerasan bersenjata

Oleh karena itu, untuk mempercepat proses tersebut, upaya koordinasi evakuasi sedang dilakukan dengan aparat keamanan setempat dan berbagai pihak terkait, katanya.

“Kami mendorong seluruh masyarakat (anggota) untuk berkolaborasi dalam menciptakan dan menjaga kondisi aman agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua dapat berjalan lancar,” imbuhnya.

Menurut keterangan yang diunggah PT PTT di situs resminya, lokasi penyerangan berada pada ketinggian 3 ribu meter di atas permukaan laut, sehingga hanya bisa dijangkau dengan helikopter. Namun, kondisi cuaca saat ini telah menghambat upaya evakuasi, katanya.

Berita terkait: Polisi selidiki pembunuhan delapan warga sipil di Beoga . Kabupaten Puncak