Menakjubkan, Ledakan Besar di Matahari Tertangkap Kamera

  • Whatsapp

Selain Parker Solar Probe NASA, pesawat ruang angkasa lain yang saat ini berada di dekat Matahari adalah Solar Orbiter yang dioperasikan oleh European Space Agency (ESA). Wah, pesawat luar angkasa Solar Orbiter baru saja menangkap foto menakjubkan dari sebuah ledakan besar yang terjadi di Matahari.

Foto ini terasa istimewa karena merupakan yang pertama menangkap letusan matahari terbesar dalam satu bidikan, dengan Matahari muncul secara penuh. Istilah lain untuk peristiwa ini adalah solar prominence atau tonjolan matahari.

Read More

“Tonjolan matahari ini adalah struktur besar medan magnet yang menjaga konsentrasi padat plasma Matahari di atas permukaannya, kadang-kadang berbentuk seperti busur,” kata ESA dalam sebuah pernyataan.

Tonjolan matahari ini sering dikaitkan dengan coronal mass ejection (CME) yang jika diarahkan ke Bumi dapat menyebabkan gangguan pada peralatan telekomunikasi seperti satelit. Itu juga menyebabkan pemandangan aurora yang indah.

Insiden ini diambil pada 15 Februari. Sepertinya ledakan di sisi kiri Matahari terlontar jutaan kilometer ke luar angkasa. Beruntung, lontaran massa korona dalam kejadian ini tidak mengarah ke Bumi, sehingga tidak ada gangguan.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (23/2/2022) foto ini diambil dengan perangkat Full Sun Imager di Solar Orbiter. Teknologi ini dirancang untuk memotret Matahari dalam keadaan penuh, meski lokasi ESA cukup dekat dengan Matahari.

“Peristiwa yang diamati Pengorbit Matahari ini adalah yang terbesar dari jenisnya yang ditangkap, membuka kemungkinan baru untuk mengamati bagaimana peristiwa semacam itu berhubungan dengan Matahari,” kata ESA.

BACA JUGA:  3 Koin Teratas untuk Yield Farming

Ilmuwan ESA mengatakan bahwa saat ini, Matahari memang semakin aktif. Periode Maksimum Matahari, di mana aktivitas matahari mencapai puncaknya, diperkirakan terjadi pada paruh pertama tahun 2025.

Related posts