Masalah PC? Cara Memeriksa Masalah Memori di Windows

  • Whatsapp

Apakah Windows berperilaku buruk? Mungkin membeku, mogok, atau tidak berfungsi dengan baik. Mendiagnosis masalah umum seperti ini bisa jadi menantang. Itu bisa berupa perangkat lunak. Itu bisa berupa perangkat keras. Tetapi satu pelaku potensial yang mungkin tidak langsung Anda pikirkan adalah ingatan yang salah.

Chip RAM bisa rusak sama seperti komponen fisik lainnya, tetapi Anda dapat memeriksanya dengan menjalankan diagnostik memori. Jika memori Anda lulus ujian, Anda dapat mengesampingkan masalah ini. Jika gagal, Anda tahu salah satu modul RAM Anda mungkin perlu diganti.

Read More

Untuk memindai memori Anda, buka Windows Memory Diagnostic gratis dari Microsoft, yang menjalankan berbagai tes pada RAM PC Anda untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan baik. Itu dibangun ke semua versi Windows dari beberapa tahun terakhir, termasuk Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10, dan Windows 11. Dan bekerja sama di setiap versi. Mari kita putar.


Masalah PC?  Cara Memeriksa Masalah Memori di Windows

Pertama, tekan Win + R. Di bidang Buka di jendela Jalankan, ketik mdsched.exe dan klik OK. Muncul layar pembuka untuk Alat Diagnostik Memori Windows. Alat ini perlu dijalankan saat PC Anda dinyalakan, jadi Anda memiliki dua opsi. Anda dapat me-restart komputer Anda sekarang, dan alat akan dijalankan saat boot. Atau Anda dapat menjadwalkan alat untuk dijalankan saat berikutnya Anda me-reboot PC Anda. Mari kita pilih opsi untuk me-restart komputer Anda sekarang.

PC Anda restart dan meluncurkan tes RAM Memory Diagnostic Tool. Langsung dari kelelawar, alat mulai memeriksa memori Anda untuk masalah potensial. Secara default, Diagnostik Memori Windows dimulai dalam mode Standar, yang mencakup delapan tes memori yang berbeda dan berurutan, yang masing-masing menggunakan algoritme unik untuk memindai berbagai jenis kesalahan. Anda dapat mengizinkan pengujian Standar berjalan hingga selesai, setelah itu Windows akan dimulai ulang.

Mulai memeriksa memori

Atau, Anda dapat menekan F1 kapan saja selama tes. Itu membawa Anda ke layar berbeda di mana Anda dapat memilih jenis pemindaian yang ingin Anda jalankan. Alat ini menawarkan tiga jenis pemindaian: Basic, Standard, dan Extended.

Pilih jenis pemindaian.

Basic hanya menjalankan tiga tes, tetapi menjalankannya dengan sangat cepat. Standard menjalankan delapan tes berbeda tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk dijalankan. Dan Extended menjalankan 17 tes berbeda dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Pilihan terbaik Anda adalah tetap menggunakan pemindaian Standar. Jika kesalahan terdeteksi, Anda dapat menjalankan pemindaian Diperpanjang untuk melihat apakah detail lebih lanjut muncul.

Di jendela ini, Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan cache. Mematikan cache prosesor selama pemindaian memaksa alat untuk mengakses data langsung dari RAM, memastikan pengujian yang lebih menyeluruh. Anda dapat membiarkan ini pada nilai default, yang berarti pengaturan cache untuk setiap pengujian tetap apa adanya. Terakhir, Anda dapat mengatur Hitungan Lulus, yang berarti berapa kali setiap tes akan berjalan. Dua adalah nilai default dan harus cukup untuk mengungkap masalah apa pun. Setelah Anda membuat pilihan, tekan F10 untuk menerapkannya dan menjalankan tes.

Setelah setiap tes selesai, alat akan menampilkan pesan Berhasil atau Gagal. Pesan Gagal diikuti dengan detail tentang kegagalan dan biasanya menunjukkan kesalahan dengan salah satu modul RAM Anda. Tergantung pada lingkungan PC Anda, diagnostik mungkin dapat mempersempit masalah memori ke modul tertentu. Juga, jika PC Anda berisi lebih dari satu modul memori, Anda harus dapat menghapus setiap modul satu per satu dan menjalankan Diagnostik Memori untuk melihat apakah Anda dapat menunjukkan kesalahan pada modul tertentu.

Setelah pemindaian berjalan, PC Anda akan reboot. Masuk kembali ke Windows dan Anda akan melihat pesan kecil muncul sebentar, memberi Anda hasil pemindaian.

Hasil pemindaian

Anda juga dapat memeriksa hasil tes memori di Windows menggunakan Peraga Peristiwa. Tekan Menangkan + R. Di bidang Buka di jendela Jalankan, ketik eventvwr.exe dan klik OK; Peraga Peristiwa diluncurkan.

Luncurkan Peraga Acara

Perluas kategori untuk Log Windows. Klik kanan pada pengaturan Sistem dan kemudian pilih Temukan dari menu pop-up.

Temukan hasil

Dalam Menemukan apa bidang, jenis MemoryDiagnostics-Hasil dan klik Temukan Berikutnya.

Hasil Diagnostik Memori

Klik Batal pada jendela Temukan untuk menutupnya. Di jendela Acara, klik dua kali entri pertama yang disorot, yang seharusnya merupakan tes yang baru saja Anda jalankan. Hasilnya akan memberikan rincian lebih lanjut tentang pemindaian.

Detail pada pemindaian

Seperti Apa yang Anda Baca?

Mendaftar untuk Tips dan Trik newsletter untuk saran ahli untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknologi Anda.

Buletin ini mungkin berisi iklan, penawaran, atau tautan afiliasi. Berlangganan buletin menunjukkan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja.

Related posts