Koleksi Menakjubkan Fakta Bumi

  • Whatsapp

Dari fenomena danau yang meledak hingga tempat-tempat yang belum pernah terjamah hujan, berikut beberapa fakta mencengangkan tentang Bumi.

Beberapa peneliti mengklaim Bumi pernah memiliki dua satelit alami, tetapi keduanya bertabrakan, yang diduga menjadi penyebab perbedaan antara kedua sisi Bulan saat ini.

Read More

Selain Bulan, beberapa peneliti berpendapat bahwa Bumi memiliki satelit alam lain berupa batuan antariksa dengan ukuran minimal 3,3 meter yang statusnya bersifat sementara karena berbagai objek yang sejenis saling bertukar posisi.

Shil DasSarma dari University of Maryland berpendapat bahwa Bumi pernah didominasi warna ungu karena sejenis molekul yang dilepaskan oleh mikroba purba.

Karena bentuknya yang tidak bulat sempurna, maka distribusi gravitasi di Bumi menjadi kurang merata. Hal ini menyebabkan Teluk Hudson di Kanada menjadi daerah dengan gaya gravitasi terlemah di planet ini.

Area Racetrack Playa, Death Valley, California, memiliki batu besar yang bisa bergerak sendiri tanpa peran makhluk hidup apapun.

Bumi memiliki tiga danau eksplosif, yaitu Nyos dan Monoun di Kamerun dan Kivu di perbatasan antara Rwanda dan Republik Demokratik Kongo karena adanya gunung berapi di bawahnya.

Gurun Dasht-e Lut Iran adalah titik terpanas di Bumi, dengan rekor suhu tertinggi di sana 70,7 derajat Celcius antara tahun 2003 dan 2009.

Vostok di Rusia adalah tempat terdingin di dunia. Suhu terendah yang pernah tercatat mencapai kenaikan -89,2 derajat Celcius, dengan Agustus menjadi bulan terdingin di sana.

Gurun Atacama, yang membentang di Chili dan Peru, adalah tempat terkering di dunia, dan bahkan ada titik di mana tidak ada hujan yang pernah tercatat.

BACA JUGA:  3 Hal Yang Bisa Membuat Rekening Bank di Ancaman Hacker

Mid-ocean Ridge adalah pegunungan terpanjang di dunia, membentang hingga 65.000 kilometer. Lokasinya berada di kedalaman 5,5 kilometer dari bawah permukaan laut.

Palung Mariana, yang membentang 2.550 kilometer antara Australia dan Jepang, memiliki titik terdalam di Bumi, Challenger Deep, yang terletak lebih dari 11.000 di bawah permukaan laut.

Dataran tinggi terendah di Bumi adalah di Laut Mati, yang terletak di antara Yordania, Israel, dan Tepi Barat. Permukaan tempat ini berada pada 423 meter di bawah permukaan laut.

Mauna Kea bisa dibilang gunung tertinggi di dunia dengan ukuran 17.170 meter, namun hanya 4.170 meter di atas permukaan laut, sedangkan Everest memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut.

Dengan luas sekitar 155 juta kilometer persegi, Samudra Pasifik memiliki lebih dari 50% air di Bumi, bahkan seluruh benua akan muat jika ditempatkan di sana.

Meskipun hanya benua terbesar kelima, Antartika memegang 70% dari total air tawar di Bumi, ditambah juga memiliki sekitar 90% dari es planet.

Related posts