Kemenpar siapkan rencana pengembangan pariwisata ibu kota baru

  • Whatsapp

Kelestarian lingkungan provinsi Kalimantan Timur harus kita jaga.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan kementeriannya akan mempersiapkan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia, Nusantara.

Read More

“Kami akan merencanakan dan menyiapkan anggaran untuk pengembangan potensi wisata ibu kota baru berbasis ekowisata,” katanya dalam konferensi pers mingguan, Senin.

Pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada IKN baru ini merupakan salah satu tindakan nyata pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi, ujarnya.

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang kuat antar pemangku kepentingan, ujarnya.

Lokasi ibu kota baru, Provinsi Kalimantan Timur, memiliki berbagai destinasi wisata budaya, alam, dan buatan yang menarik, kata menteri.

“Sejak UU IKN disahkan, kami akan segera menindaklanjuti pengembangan potensi wisata di ibu kota baru,” imbuhnya.

Ibu kota baru akan dibangun sesuai dengan prinsip kota hijau, kata Uno. Dengan demikian, akan ada banyak peluang pembangunan berkelanjutan, termasuk untuk pariwisata yang berkualitas dan ramah lingkungan, tambahnya.

Berita terkait: Donggala jadi atraksi nasional setelah pemindahan ibu kota negara

“Oleh karena itu, saya yakin ini merupakan peluang besar bagi para pelaku usaha, terutama para pengusaha pemula, untuk mengembangkan potensi ibu kota baru,” ujarnya.

Uno berharap cetak biru pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di ibu kota baru bisa selesai paling lama tiga bulan ke depan. Setelah itu akan dibuat masterplan, jelasnya.

“Kita harus menjaga kelestarian lingkungan Provinsi Kaltim. Harapannya, konsep ekowisata berbasis budaya dan alam kita akan memperkuat upaya kita dalam memprioritaskan kelestarian lingkungan dalam pembangunan ibu kota baru, “tambahnya.

BACA JUGA:  Setiap peningkatan hukuman COVID-19 'berbahaya bagi warga negara Malaysia': pengunjuk rasa

Proses penetapan ibu kota baru dipercepat setelah DPR RI menyepakati pengesahan UU IKN dalam rapat paripurna pada 18 Januari 2022.

Berita terkait: Dinas Pariwisata Kaltim Gelar Lomba Budaya Nasional

Related posts