Kemendag Gandeng TNI AU mendistribusikan minyak goreng

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI AU untuk mendistribusikan minyak goreng di beberapa wilayah di Indonesia bagian timur untuk mengatasi kelangkaan ketersediaan komoditas tersebut.

“Kami telah bekerja sama dengan TNI AU untuk mengangkut minyak goreng dengan pesawat Hercules C-130 ke wilayah Indonesia timur pada hari Senin dan Selasa. Kerja sama ini untuk memastikan warga tetap tenang karena mereka akan mendapatkan minyak goreng dengan harga yang diizinkan pemerintah, “Kata Luthfi dalam keterangannya yang dikeluarkan di Jakarta, Senin.

Read More

Pada pendistribusian tahap pertama, TNI AU akan mengangkut 52.800 liter minyak goreng ke kota-kota besar di Papua, seperti Sorong, Merauke, dan Jayapura, kata menteri.

Minyak goreng tersebut kemudian akan dijual dengan tiga harga (per liter): Rp11.500 (US$0,85) untuk minyak curah, Rp13.500 (US$0,945) untuk minyak yang dijual dalam kemasan sederhana, dan Rp14.000 (US$0,98). minyak yang dijual dalam kemasan premium, jelas menteri.

Pengecer modern dan pedagang tradisional akan diminta untuk menjual minyak goreng dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah, tambahnya.

Lebih lanjut Lutfi mengatakan bahwa kementerian telah meminta produsen minyak goreng utama untuk memasok minyak goreng dalam paket sederhana dan premium untuk didistribusikan oleh Angkatan Udara ke wilayah Indonesia timur, dan produsen telah menanggapi permintaan itu dengan tegas.

“Angkatan Udara berkomitmen membantu masyarakat dengan membantu pendistribusian minyak goreng ke beberapa distributor di wilayah Indonesia bagian timur. Saya menginstruksikan distributor dan agen yang telah menerima minyak goreng untuk segera mendistribusikan komoditas tersebut ke pasar tradisional untuk memastikan warga bisa mendapatkan minyak goreng tersebut. minyak goreng yang sangat mereka butuhkan,” tambah menteri.

BACA JUGA:  Bluehole menerbitkan komentar industri di laboratorium penilaian risiko korporat pertama China untuk kepatuhan EUTPD

Menkeu mengatakan, produsen minyak goreng seperti KPN Corporation telah menyepakati pengiriman 13.200 liter minyak goreng dari Surabaya ke Sorong, sedangkan Wilmar akan mengirimkan 13.200 liter minyak goreng dari Surabaya ke Jayapura.

Selain itu, produsen minyak nabati Musim Mas telah setuju untuk mengirim 13.200 liter minyak goreng dari Surabaya dan Merauke, dan perusahaan Apical 13.200 liter dari Jakarta ke Sorong, tambahnya.

Sinergi dengan TNI AU merupakan bagian dari langkah konkrit pemerintah untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng di tanah air, kata Lutfi.

Menkeu juga mengapresiasi perusahaan swasta yang telah memberikan dukungannya untuk mengisi kembali stok minyak goreng sambil menegaskan bahwa kerjasama serupa akan dilanjutkan di masa depan, jika diperlukan.

“Saya mengapresiasi TNI AU dan para produsen minyak goreng yang telah berkomitmen membantu pemerintah mengatasi kelangkaan minyak goreng di beberapa daerah, khususnya di Indonesia bagian timur. masyarakat mendapatkan kebutuhan pokoknya dengan harga yang terjangkau,” kata Luthfi.

Berita terkait: Pemerintah distribusikan minyak goreng curah di pasar Semarang dengan harga terjangkau
Berita terkait: Legislator cari kebijakan atasi kelangkaan minyak goreng
Berita terkait: Mendag jamin pasokan minyak goreng stabil dalam seminggu

Related posts