Kegilaan monitor Computex 2022: 500Hz, OLED 48 inci, dan lainnya

  • Whatsapp

Computex 2022 sejauh ini sedikit membingungkan. Kami belajar tentang prosesor AMD Ryzen 7000 yang akan datang, yang cukup menarik, tetapi di sisi lain, hal-hal cukup tenang di bagian depan kartu grafis.

Namun, ketika berbicara tentang monitor, itu tidak jauh dari kebenaran. Pada pameran tahun ini, kami telah merasakan masa depan tampilan game, mulai dari teknologi panel generasi berikutnya hingga kecepatan refresh yang belum pernah ada sebelumnya.

Read More

Raja kecepatan

Monitor Asus ROG Swift 500Hz.
asus

Kami telah mendapatkan pengumuman monitor besar dari Asus, MSI, Gigabyte, LG, dan Samsung, dan mungkin akan ada lebih banyak lagi yang akan datang.

Tapi Asus tampaknya mencuri mahkota sejauh ini, setidaknya bagi para gamer. Bersama Nvidia, ia telah memperkenalkan monitor gaming berkemampuan G-Sync pertama dengan kecepatan refresh 500Hz. Untuk konteksnya, banyak orang masih menggunakan layar 60Hz, bahkan untuk bermain game, dan 144Hz saat ini dianggap sebagai salah satu sweet spot yang lebih terjangkau yang memungkinkan Anda memainkan semua jenis game. Tentu saja, angkanya juga naik lebih tinggi, menjadi 240Hz dan 360Hz. Kini, Asus ROG Swift hadir dengan 500Hz, siap mencuri perhatian.

Selain kecepatan refresh yang menakjubkan, monitor ini dilengkapi dengan panel e-TN Full HD (1.920 x 1080) 24,1 inci, yang menurut Asus, akan menawarkan waktu respons hingga 60% lebih baik daripada TN standar. Ini menawarkan Nvidia’s Reflex Analyzer dan G-Sync built-in, yang bekerja bersama-sama untuk lebih mengurangi input lag. Ini adalah jenis monitor yang Anda pilih untuk game esports yang bergerak cepat, seperti Counter-Strike: Serangan Global, mengawasi, PUBGdan sejenisnya.

Visual yang indah sudah dekat

Beranjak dari Asus, kami memiliki banyak layar yang mungkin mampu memberikan pengalaman visual terbaik. Sementara Asus habis-habisan pada kecepatan refresh, merek lain, seperti MSI, LG, dan Samsung, memilih pendekatan yang lebih seimbang. Dalam beberapa kasus, keseimbangan itu berayun ke arah lain, di mana warna dalam dan imersi diprioritaskan daripada kecepatan refresh yang cepat. Ada sesuatu untuk semua orang.

MSI telah memperkenalkan tampilan baru, serta sejumlah perangkat keras lainnya, termasuk motherboard X670 baru untuk prosesor Zen 4 AMD yang akan datang. Meskipun telah berbicara tentang motherboard, MSI tetap bungkam tentang tampilan ini, tetapi Anda dapat melihatnya di stan virtual Computex MSI. Layarnya diberi label “MSI MEG 342C QD-OLED,” yang menyiratkan bahwa ia memiliki teknologi OLED quantum-dot.

MSI MEG 342C QD-OLED diumumkan pada hari Selasa di Computex 2022.

Sejauh ini, MSI belum merilis spesifikasi monitor ini, tetapi mengetahui bahwa itu adalah panel QD-OLED, itu pasti akan menawarkan pengalaman pengguna yang memuaskan karena kedalaman dan kecerahan palet warna. Monitor melengkung dengan jelas — WePC memprediksi kelengkungan 1.800R serta kecepatan refresh 175Hz yang diakhiri dengan beberapa fitur game yang diinginkan, seperti crosshair pintar.

Samsung Odyssey Neo G7 yang akan datang juga melengkung, tetapi tidak seperti MSI MEG, kita sudah tahu sedikit tentang monitor Samsung. Juga dikenal sebagai Samsung S32GB75, telah diperkenalkan selama Computex 2022. Ini adalah monitor VA 32 inci dengan kelengkungan 1000R yang mendukung output 4K. Sangat cerah, dengan tingkat kecerahan puncak hingga 1.000 nits, semuanya berkat 1.196 zona peredupan lokal LED mini. Ini juga memiliki rasio kontras tinggi dan kecepatan refresh 165Hz.

LG UltraGear menyajikan yang pertama untuk merek tersebut

Tren visual yang memukau kemungkinan akan berlanjut dengan tiga entri baru ke jajaran UltraGear LG: 32GQ950, 32GQ850, dan 48GQ900. Rangkaian angka dan huruf ini diterjemahkan menjadi dua model 32 inci dengan panel Nano IPS dan satu layar OLED 48 inci raksasa. Ketiganya dibuat dengan mempertimbangkan gamer, itulah sebabnya mereka menyeimbangkan hal-hal seperti kedalaman warna, kontras, dan kecerahan dengan kecepatan refresh yang dapat di-overclock untuk sedikit peningkatan kecepatan ekstra.

UltraGear 48GQ900 48-inci adalah monitor gaming OLED pertama LG. Ini menawarkan akses ke game 4K, waktu respons 0,1 milidetik, dan kecepatan refresh 120Hz yang dapat Anda bawa hingga 138Hz. Sama seperti dua layar lainnya, ia mendukung HDMI 2.0, kecepatan refresh variabel (VRR), dan kompatibel dengan Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync Premium. Perlu dicatat bahwa dua entri lainnya mendukung AMD FreeSync Premium Pro.

Dua layar lainnya berukuran sama (secara teknis 31,5 inci) dan keduanya memiliki dudukan fleksibel dengan pivot, kemiringan, dan penyesuaian ketinggian. Mereka juga memiliki panel Nano IPS dengan teknologi Polarizer ATW, yang merupakan yang pertama untuk LG dan harus membuat peningkatan besar dalam hal reproduksi warna. Keduanya memiliki waktu respons 1 ms, tetapi berbeda dalam hal kecerahan, resolusi, dan kecepatan refresh.

UltraGear 32GQ950 adalah monitor gaming 4K yang dapat mencapai kecerahan hingga 1.000 nits — bersertifikat VESA Display HDR 1000. Ini memiliki kecepatan refresh yang sedikit lebih tinggi dari 144Hz yang dapat ditingkatkan hingga 160Hz. Saudara terdekatnya, UltraGear 32GQ850, adalah monitor QHD dengan resolusi 2.560 x 1.440 dan kecepatan refresh 240Hz/260Hz OC yang sangat tinggi. Namun, kinerja yang cepat harus dibayar dengan biaya: Kecerahan diturunkan hingga maksimum 600 nits.

Terakhir, meskipun ini bukan monitor baru, Gigabyte telah mengumumkan bahwa yang terbaru Aorus FO48U monitor gaming skala besar telah menerima Penghargaan Pilihan Terbaik tahun 2022 dari Computex. Ukuran 48-inci mungkin tampak sangat besar bagi sebagian besar gamer, tetapi layar Gigabyte memang memiliki banyak hal untuk direkomendasikan: Kecepatan refresh 120Hz yang layak, panel OLED, dan gamut warna 98% DCI-P3/130% sRGB yang lebar. Tidak seperti layar lainnya, itu sudah tersedia untuk dijual, jadi jika Anda suka bermain game di layar yang sangat besar, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Rekomendasi Editor




Related posts