Jerman akan membeli hingga 35 jet tempur Lockheed F-35

  • Whatsapp

Jerman akan membeli jet tempur F-35 buatan perusahaan AS Lockheed Martin LMT. N untuk menggantikan pesawat Tornado yang menua, kata dua sumber pemerintah. Salah satu sumber mengatakan Berlin ingin membeli hingga 35 jet siluman.

Sebuah sumber pertahanan Jerman mengatakan kepada Reuters awal Februari lalu Jerman kemungkinan akan membeli F-35 tetapi keputusan akhir belum diambil.

Read More

Tornado adalah satu-satunya jet Jerman yang mampu membawa bom nuklir AS, yang disimpan di Jerman, jika terjadi konflik. Tetapi angkatan udara Jerman telah menerbangkan jet tersebut sejak tahun 1980-an, dan Berlin berencana untuk menghentikannya antara tahun 2025 dan 2030.

Sebuah jet Tornado milik angkatan udara Jerman lepas landas dari pangkalan udara Bundeswehr tentara Jerman di Jagel, Jerman utara 10 Desember 2015. (REUTERS/Fabian Bimmer)

Sebuah jet Tornado milik angkatan udara Jerman lepas landas dari pangkalan udara Bundeswehr tentara Jerman di Jagel, Jerman utara 10 Desember 2015. (REUTERS/Fabian Bimmer)

Pembelian F-35 akan menjadi pukulan bagi Boeing BA.N, yang F-18-nya lebih disukai oleh mantan menteri pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer untuk menggantikan Tornado.

Keputusan itu juga bisa mengganggu Prancis. Paris telah meneliti pertimbangan Jerman atas pembelian F-18 atau F-35 yang lebih canggih, khawatir kesepakatan itu dapat mengganggu produksi jet tempur gabungan Prancis-Jerman yang harus siap pada tahun 2040-an.

Kanselir Olaf Scholz dua minggu lalu mendukung program bersama yang sedang berlangsung dengan Paris. Saat itu, Scholz juga mengumumkan bahwa jet Eurofighter, yang dibangun oleh perusahaan Prancis-Jerman Airbus AIR.PA, akan dikembangkan lebih lanjut untuk mampu melakukan peperangan elektronik, kemampuan yang juga diisi dengan Tornado. [uh/ab]

BACA JUGA:  Pemerintah pastikan orangutan dilindungi selama pembangunan ibu kota

Related posts