Isu prioritas pasar tenaga kerja inklusif untuk forum EWG G20: menteri

Jakarta (ANTARA) – Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan bahwa inklusivitas pasar tenaga kerja akan menjadi salah satu isu prioritas untuk Kelompok Kerja Ketenagakerjaan (EWG) G20 pertama di bawah Kepresidenan Indonesia.

Isu pertama yang akan dibahas oleh forum EWG adalah memastikan pasar tenaga kerja yang inklusif dan pekerjaan yang layak dan afirmatif bagi penyandang disabilitas, katanya.

“Kami memutuskan untuk memprioritaskan pasar tenaga kerja yang inklusif dan pekerjaan yang layak bagi penyandang disabilitas karena urgensi untuk aksi bersama (terkait masalah ini), terutama selama pandemi COVID-19,” kata Fauziyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Isu prioritas kedua adalah pengembangan kapasitas manusia untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan, kata menteri.

“Melalui edisi kedua, kami akan mendorong dan menggagas aksi bersama yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan masyarakat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan, khususnya di bidang ekonomi pedesaan,” jelasnya.

Menkeu menegaskan, untuk membahas dua isu utama tersebut, pertemuan EWG akan diselenggarakan dalam sembilan sesi online yang akan berlangsung dari Selasa hingga Kamis (8-10 Maret 2022).

Selain anggota G20, perwakilan dari negara tamu, kelompok keterlibatan, dan organisasi internasional seperti ILO dan OECD juga akan diundang ke forum EWG, katanya.

Berita terkait: Indonesia harus menggunakan posisi G20 untuk meningkatkan sektor ketenagakerjaan: kementerian

“Kami berharap keikutsertaan berbagai negara dan lembaga internasional dalam forum tersebut dapat memperkuat diskusi tentang isu-isu yang telah diangkat oleh Indonesia untuk mencapai resolusi yang bermanfaat bagi Indonesia dan dunia,” kata Fauziyah.

Penyelenggara telah menetapkan ‘Meningkatkan Kondisi Ketenagakerjaan untuk Pulih Bersama’ sebagai tema utama forum G20 tentang ketenagakerjaan dan ketenagakerjaan, ungkap menteri.

BACA JUGA:  COVID-19: Gubernur Jawa Timur minta warga tetap waspada

“Tema utama tersebut terangkum dalam empat isu prioritas yang akan kita bahas dalam forum EWG,” tambahnya.

Berita terkait: menteri tenaga kerja G20 dorong penciptaan lapangan kerja