iPhone SE 2022 Dikritik Tidak Sesuai Standar Apple, Kenapa Begitu?

IPhone SE 2022 tidak memberikan terobosan desain atau fitur, mungkin karena ditujukan untuk pasar kelas menengah. Namun, Apple masih menuai kritik dari berbagai pihak.

iPhone SE dibekali jeroan handal berupa prosesor A15 Bionic, sama persis dengan iPhone 13 yang jauh lebih mahal. Ada juga konektivitas 5G. Namun, itu dianggap tidak cukup untuk standar Apple.

“Chip yang lebih cepat dan jaringan yang lebih baik tidak masalah. Tetapi sebagian besar pengguna SE tidak akan benar-benar melihat perubahannya. Hampir semua aplikasi yang umum digunakan berjalan dengan baik di jaringan 4G,” kata Tae Kim, kolumnis teknologi untuk Sydney Morning Herald, seperti dikutip oleh kami, Rabu (9/3/2022).

“Secara keseluruhan, iPhone SE akan mengecewakan konsumen Apple yang telah menunggu versi baru dari iPhone yang terjangkau. Desainnya yang berusia 5 tahun terasa basi. Jelas bahwa Apple tidak memprioritaskan konsumen di pasar bawah, mengecewakan bagi sebuah perusahaan. dengan anggaran riset dan pengembangan USD 22 miliar per tahun,” tambahnya.

Menurutnya, Apple sebenarnya bisa berbuat lebih banyak untuk iPhone SE 2022. Misalnya dengan memperbaiki desain, meningkatkan kualitas layar dan kamera atau bahkan dengan memangkas harga.

Jika itu dilakukan, iPhone SE 2022 berpotensi besar membuat para pengguna ponsel pesaing meliriknya. Namun tentu ada alasan mengapa Apple hanya memberikan upgrade sederhana untuk iPhone SE 2022.

“Apple mungkin khawatir bahwa iPhone SE yang ditingkatkan sepenuhnya akan mengurangi permintaan pada iPhone 13 yang lebih mahal,” kata Tae Kim. Namun, menurut dia, hal tersebut tidak masuk akal karena banyak pengguna iPhone yang masih mengincar model yang lebih mahal meski ada pilihan iPhone yang murah.