Intel Raptor Lake mungkin tiba di bulan Oktober dengan kecepatan hingga 5,8 GHz

  • Whatsapp

Prosesor Intel generasi ke-13, yang dijuluki Raptor Lake, mungkin lebih dekat dari yang kita duga. Sebuah rumor baru menunjukkan tanggal rilis sebagai Oktober 2022, dan spesifikasi yang dikabarkan menarik, dengan frekuensi setinggi 5,8GHz.

Tampaknya juga Intel akan meluncurkan prosesor server Sapphire Rapids generasi berikutnya bersama dengan Raptor Lake. Apa lagi yang bisa kita pelajari dari bocoran terbaru ini?

Read More
Chip Intel Raptor Lake ditampilkan dalam gambar yang dirender.
wccftech

Detail Intel Raptor Lake baru yang menggiurkan ini berasal dari sumber yang dapat dipercaya: Seorang pengguna Bilibili yang sebelumnya dikenal sebagai Enthusiast Citizen, yang kini telah berganti nama menjadi “ECSM_Official.” Meskipun pengguna ini memiliki rekam jejak yang terbukti dalam hal kebocoran perangkat keras PC, tidak ada yang pasti sampai Intel sendiri mengkonfirmasinya. Namun, ada banyak hal yang menarik dalam informasi yang dibagikan oleh ECSM hari ini.

Meskipun kami telah mengetahui bahwa Intel sedang mempersiapkan chip mainstream dan HEDT dalam waktu dekat, tampaknya kedua jajaran ini akan diluncurkan pada bulan Oktober. Intel HEDT adalah keluarga chip kinerja tinggi Intel yang digunakan di server, pusat data, dan kasus penggunaan lain yang jauh lebih banyak sumber daya daripada penggunaan sehari-hari biasa. Generasi mendatang ini akan disebut Sapphire Rapids dan akan dicap sebagai Xeon W-3400 dan Xeon W-2400. Sebagian besar dari kita akan lebih akrab dengan CPU Intel Raptor Lake-S yang mungkin akan muncul di daftar prosesor Intel terbaik kami akhir tahun ini.

Menurut ECSM, Intel Raptor Lake-S masih akan menawarkan kompatibilitas ganda DDR5 dan DDR4 yang kita ketahui dari Alder Lake. Ini bisa memberikan platform baru keunggulan atas AMD karena prosesor Ryzen 7000 hanya akan mendukung memori DDR5, yang masih cukup mahal, tetapi AMD berharap itu berubah dalam waktu dekat. Mereka juga akan mempertahankan kompatibilitas dengan motherboard seri 600 yang ada. Bersamaan dengan chip baru yang sekarang dikatakan akan diluncurkan pada bulan Oktober, chipset seri 700 baru akan mulai muncul. Kita dapat mengharapkan untuk melihat Z790 kelas atas pada bulan Oktober dan H770/B770 pada kuartal pertama tahun 2023.

Berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini, kita dapat mengumpulkan gambaran yang cukup jelas tentang chip Raptor Lake. Prosesor akan mempertahankan desain hybrid yang kita kenal dari Alder Lake dan akan didasarkan pada node proses Intel 7. Core performa (P) akan ditingkatkan dari Golden Cove ke Raptor Cove, dan core efisiensi (E) akan menerima peningkatan ukuran cache. Jumlah inti akan ditingkatkan dan sekarang akan maksimal pada 24 inti (delapan inti-P dan 16 inti-E) dan 32 utas.

Slide penggoda Intel Raptor Lake.
Intel

Kecepatan clock pada Intel Raptor Lake dikabarkan mencapai ketinggian baru, mencapai setinggi 5,8GHz pada beberapa chip kelas atas. Overclocking lebih lanjut dapat mendorong angka-angka itu lebih jauh. Meskipun ada perbaikan, TDP seharusnya tetap sama, tetapi apakah itu akan benar-benar terjadi masih harus dilihat. Ukuran cache gabungan juga dikatakan menerima peningkatan besar-besaran dan bisa mencapai 68MB.

Pindah ke Intel Sapphire Rapids, juga dijadwalkan untuk peluncuran Oktober 2022, tampaknya jajaran akan tersegmentasi ke dalam kisaran arus utama dan kisaran premium/ahli, keduanya didukung oleh chipset W790 baru. Jajaran “ahli” dapat menawarkan hingga 56 core dan 112 thread, 112 PCIe Gen 5 lane, memori DDR5 8-channel, dan mungkin, motherboard dual-socket. Rentang arus utama mengambil banyak hal, maksimal pada 24 core dan 48 thread, dengan kecepatan clock mencapai hingga 5.2GHz. Fitur lainnya termasuk 64 jalur PCIe Gen 5 dan memori DDR5 4 saluran.

Wccftech adalah yang pertama menemukan kebocoran di Bilibili dan membagikan beberapa detail Danau Raptor tambahan. Mengingat AMD juga berencana untuk merilis prosesor Zen 4 generasi berikutnya pada waktu yang hampir bersamaan, kita berada dalam pertempuran nyata para raksasa — dan itu cukup hebat, terutama mengingat fakta bahwa untuk bagian yang lebih baik dari dua yang lalu. tahun, itu adalah pasar penjual. Beberapa persaingan untuk mendapatkan perhatian pelanggan akan menjadi perubahan yang menyenangkan dari harga tinggi dan kelangkaan yang kita semua sudah terbiasa sekarang.

Rekomendasi Editor




Related posts