Instagram Menolak Meningkatkan Batas Waktu Minimum Harian

Instagram memiliki fitur Batas Harian yang memungkinkan pengguna menerima pemberitahuan berapa lama mereka telah menghabiskan waktu di aplikasi.

Pada saat fitur itu diluncurkan, perusahaan induk Meta mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol atas jumlah waktu yang mereka habiskan di platformnya dan mendorong percakapan antara orang tua dan remaja tentang kebiasaan online yang sehat.

Dengan fitur daily limit, Instagram memberikan durasi mulai dari 30 menit hingga maksimal 3 jam atau kamu bisa memilih untuk menonaktifkannya.

“Batasi waktu yang Anda habiskan di Instagram setiap hari dengan menjadwalkan pengingat untuk menutup aplikasi,” bunyi pesan dari fitur di aplikasi.

Maka setelah pengguna menentukan waktu yang diinginkan, Instagram akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk istirahat dan menutup aplikasi.

Namun, TechCrunch melaporkan bahwa Instagram telah meningkatkan pengaturan batas waktu harian minimum dari 10 menjadi 30 menit. Hal ini seharusnya membuat pengguna melihat Instagram lebih lama sehingga peluang untuk melihat Iklan yang mereka tempatkan lebih besar sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk mengimbangi pendapatan terkait, seperti dilansir TechCrunch.

Instagram melalui akun resmi mereka di Twitter, membantah Tech Crunch yang mengatakan bahwa mereka meningkatkan batas waktu minimum untuk Instagram setiap hari. Instagram menjelaskan memiliki dua fitur serupa, salah satunya Take a Break yang belum lama ini diluncurkan.

Artikel ini gagal menyebutkan bahwa kami memiliki dua fitur manajemen waktu. ‘Batas harian’ kami yang ada menunjukkan pemberitahuan ketika Anda telah mencapai batas harian Anda, tetapi fitur terbaru kami ‘Ambil Istirahat’ menunjukkan kepada Anda pengingat layar penuh untuk meninggalkan aplikasi, dan termasuk interval 10 menit pic.twitter.com/ cZmGTlXvuB

— Komunikasi Instagram (@InstagramComms) 21 Februari 2022

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan mengingatkan pengguna yang terlalu lama bermain Instagram untuk istirahat. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu Pengaturan di aplikasi Instagram, lalu memilih kapan akan mendapatkan pengingat untuk istirahat: setelah 10 menit, 20 menit, atau 30 menit.

Setelah diaktifkan, Instagram akan menampilkan pengingat layar penuh untuk meninggalkan aplikasi dengan interval notifikasi setiap 10 menit. Pengguna Instagram kemudian disarankan untuk mengambil napas, mendengarkan musik, memeriksa to-do-list, dan sebagainya.