Gubernur tekankan pentingnya membenahi sistem kesehatan Indonesia

  • Whatsapp

Semarang, Jawa Tengah (ANTARA) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggarisbawahi pentingnya pembenahan sistem kesehatan di Indonesia saat berbicara dengan bupati dan walikota dalam KTT Kota Sehat 2022 di Jakarta, Senin.

Kegiatan tersebut melibatkan perwakilan kementerian atau lembaga di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, baik dari pemerintah maupun Forum Provinsi/Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia.

Read More

“Dalam rangka membangun kesadaran kolektif, mereka berusaha merespon isu kesehatan secara nasional melalui aksi bupati atau walikota. Antusiasme mereka luar biasa,” kata Pranowo.

Gubernur juga menyoroti peningkatan kematian ibu selama pandemi COVID-19 akibat paparan virus corona varian Delta.

“Mari kita coba antisipasi agar mereka dan ibu hamil mendapat perhatian penuh,” ujarnya.

Jika ibu sehat, maka bayi akan lahir sehat. Hal ini bisa dipersiapkan sejak awal dengan data dan perhatian yang baik, ujarnya.

KTT Kota Sehat 2022 diharapkan dapat mendukung kerja pemerintah dalam merumuskan kebijakan terkait kesehatan, kata Pranowo.

“Karena ternyata membangun kesadaran akan kesehatan tidak selalu harus dilakukan dengan cara top-down,” ujarnya.

“Bisa juga secara bottom-up dari ide-ide bupati atau walikota yang saya yakini bagus,” imbuhnya.

Hal ini dapat meringankan beban pemerintah karena pada masa pascapandemi akan ada kebijakan dengan model dan data ilmiah baru yang harus diwujudkan, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Kotamadya Indonesia (Apeksi) dan Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kejadian tersebut merupakan pertanda situasi COVID-19 sudah mulai normal.

BACA JUGA:  Kemendagri optimis bisa mengentaskan 32 daerah tertinggal pada 2024

“Ini saatnya kita berkolaborasi dan menemukan pengetahuan dan konsep baru. Diskusi kesehatan tidak hanya sebatas peralatan, tetapi juga mengalami dan mengamati data-data terkini,” imbuhnya.

“Kami berharap Omicron yang terakhir. Kita harus berharap yang terbaik tapi bersiap untuk yang terburuk. Semua orang harus responsif terhadap itu,” katanya.

Berita terkait: Amin desak komitmen jangka panjang wujudkan kota sehat
Berita terkait: Mendagri desak kerja sama ciptakan ekosistem pers yang sehat
Berita terkait: Suplemen Kekebalan Tubuh Paling Baik Dikonsumsi Saat Sehat: Dokter

Related posts