Gol Marselino menandai kekalahan 1-5 Indonesia dari Korea Selatan

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Gol gelandang Persebaya Marselino Ferdinan menandai kekalahan timnas U-19 Indonesia dari Korea Selatan dengan skor 1-5 dalam pertandingan persahabatan di Daegu, Korea Selatan, Selasa.

Read More

Marselino yang baru berlatih bersama skuat asuhan Shin Tae-yong, Senin (28/3), mencetak gol pada menit ke-43.

Gol ini memperkecil ketertinggalan Indonesia yang dibobol tim Korea Selatan sebanyak lima kali, yakni Jung Jong-hun (dua gol), Kang Seong-jin, Choi Seong-min dan Lee Seung-won.

Baca juga: Shin Tae-yong Tak Prioritaskan Hasil Laga Lawan Timnas U-19 Korsel

Dalam laga itu, Indonesia yang tampil dengan lima bek, memang tertekan sejak awal dan mengandalkan serangan balik untuk membongkar pertahanan lawan.

Situasi ini membuat Korsel leluasa mengatur tempo dan membatasi area bermain skuat “Garuda Nusantara”. Alhasil, tim Negeri Ginseng berhasil membuka skor di menit kesembilan berkat sepakan Jung Jong-hun.

Empat menit kemudian, Kang Seong-jin menggandakan keunggulan timnya. Pada menit ke-16, Jung Jong-hun membuat gol keduanya dan membuat Korsel memimpin 3-0.

Setelah tertinggal tiga gol, pelatih Shin Tae-yong melakukan beberapa pergantian pemain. Kiper Erlangga Setyo pergi untuk digantikan Cahya Supriadi, lalu nama-nama seperti Marselino Ferdinand dan Mikhael Tata masuk ke lapangan.

Strategi ini membuat permainan Indonesia semakin berkembang. Indonesia berani menguasai bola dan menciptakan beberapa peluang. Salah satu peluang tersebut berbuah gol pada menit ke-43 melalui sundulan Marselino Ferdinand yang mendapat umpan silang dari sisi kanan.

Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan memasuki jeda.

Baca Juga: PSSI Sebut Timnas U-19 Masih Maju Usai Dikalahkan Korsel 0-7

Usai turun minum, Korsel tak menurunkan tensi pertandingan. Namun, solidnya pertahanan Indonesia membuat mereka kesulitan menambah gol setidaknya hingga 10 menit sebelum pertandingan berakhir.

Pada menit ke-80, kapten dan bek tengah Indonesia Marcel Januar menjegal Choi Seong-min di kotak penalti. Choi mengeksekusi 12 tendangan dengan “panenka” dan membobol gawang Cahya Supriadi.

Marcelino kembali melakukan kesalahan dengan melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan, kali ini Lee Seung-won, di area terlarang. Lee sendiri mengambil tendangan penalti, mencetak gol yang memastikan kemenangan 5-1 Korea Selatan atas Indonesia.

Ini merupakan kekalahan ketiga Indonesia selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Sebelumnya, timnas U-19 dikalahkan oleh Universitas Yeungnam (1-5) dan tim U-19 Korea Selatan (0-7). Satu kemenangan dibukukan saat bertemu Daegu University, Minggu (27/3), dengan skor 2-1.

Timnas U-19 mengikuti TC dan beberapa laga uji coba di Korea Selatan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Baca juga: PSSI Minta Timnas U-19 Tetap Fokus Usai Kemenangan Pertama di Korsel
Baca juga: Timnas U-19 Terus Adaptasi Cuaca Jelang Pertandingan Korsel

Reporter: Michael Siahaan
Redaktur : Fitri Supratiwi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts