Ghana tim Afrika pertama yang mengamankan tiket ke Qatar 2022

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Ghana menjadi tim Afrika pertama yang mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia Qatar 2022 setelah bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Nigeria di Abuja pada Selasa (Rabu dini hari WIB) dalam pertandingan playoff kualifikasi zona Afrika.

Read More

Ghana berhak atas tiket ke Qatar melalui aturan gol tandang setelah pada leg pertama Jumat lalu kedua tim bermain imbang tanpa gol. Ghana akan ambil bagian dalam Piala Dunia keempat mereka setelah tampil di tiga Piala Dunia berturut-turut antara 2006 dan 2014.

Seperti yang dilaporkan Reuters, Thomas Partey mencetak gol untuk Ghana pada menit ke-10 dengan tembakan spekulatif dari luar kotak ketika bola menggeliat di bawah kiper Nigeria Francis Uzoho yang seharusnya melakukan penyelamatan yang nyaman.

Nigeria menyamakan kedudukan melalui penalti ketika Denis Odoi menabrak Ademola Lookman di dalam kotak dan tendangan William Troost-Ekong masuk jauh ke pojok atas gawang. Tapi tuan rumah tidak bisa mendapatkan kemenangan yang mereka butuhkan.

Nigeria telah lolos dalam enam dari tujuh Piala Dunia sebelumnya sejak Piala Dunia di Amerika Serikat pada tahun 1994, dan ketidakhadiran mereka dari turnamen tahun ini akan memicu penyelidikan dari otoritas sepak bola negara itu.

Pada pertandingan di Stadion Moshood Abiola Abuja, Ghana lebih banyak bertahan dan jarang mengancam gawang lawan usai mencetak gol awal.

Nigeria mengira mereka telah mencetak gol kedua ketika Victor Osimhen membobol gawang, tetapi VAR menunjukkan dia offside.

BACA JUGA:  Indonesia Tuan Rumah Piala AFF U-18 Wanita 2023

Sejumlah peluang emas gagal membuahkan gol bagi Nigeria, di antaranya ketika sundulan Emmanuel Dennis melebar dan tembakan overhead Osimhen membentur tiang.

Wartawan: Teguh Handoko
Editor: Jafar M Sidik
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts