Galaksi Terbesar di Alam Semesta Ditemukan, Pengingat Bima Sakti

  • Whatsapp

Ada banyak galaksi di alam semesta, termasuk tentunya galaksi tempat Tata Surya kita berada, yaitu Bima Sakti atau Milky Way. Nah, para astronom baru saja menemukan galaksi terbesar yang pernah terdeteksi sejauh ini.

Seperti dikutip dari Live Science, galaksi tersebut dinamai Alcynoeus dengan perkiraan lebar 16,3 juta tahun cahaya. Diameternya 160 kali lebih besar dari Bima Sakti dan 4 kali lebih besar dari galaksi terbesar sebelumnya, IC 1101.

Read More

Alcynoeus sendiri adalah seorang raksasa mitologi yang menjadi musuh Hercules. Jarak galaksi Alcynoeus diperkirakan 3 miliar tahun cahaya dari Planet Bumi.

Para ilmuwan masih meneliti mengapa galaksi ini bisa berukuran begitu besar. Diperkirakan galaksi ini memiliki lubang hitam raksasa aktif di pusatnya.

Lubang tersebut memancarkan aliran jet yang melemparkan materi kosmik ke seluruh alam semesta dengan kecepatan yang sebanding dengan kecepatan cahaya.

Galaksi terbesar Alcyoneus ditemukan oleh para astronom dari Universitas Leiden, Belanda, dari data yang ditangkap oleh satelit Wide-field Infrared Survey Explorer milik NASA dan LOW Frequency ARray (lofar) yang terletak di Eropa.

“Para ilmuwan hanya mampu mengukur sebagian kecil dari panjang galaksi ini, perkiraan total yang rendah. Namun demikian, pada lebih dari 16 juta tahun cahaya, galaksi ini sangat besar sehingga sebanding dengan 100 Bima Sakti. Galaksi jalan,” kata para peneliti.

Galaksi sendiri selalu menjadi objek yang menarik, apalagi galaksi terbesar. “Galaksi tidak hanya kumpulan bintang yang damai, tetapi juga proses spektakuler dan kejam, seperti aliran jet yang mencapai jauh ke luar angkasa, jutaan tahun cahaya jauhnya,” tambah mereka.

BACA JUGA:  Adhi Karya dapat 4 paket proyek untuk pembangunan IKN

Related posts