G20 momentum untuk membahas masalah iklim secara menyeluruh: pakar

  • Whatsapp

Purwokerto (ANTARA) – Forum G20 menjadi wadah yang tepat untuk membahas isu perubahan iklim secara komprehensif, mengingat dampaknya yang luas dan masif terhadap kualitas kehidupan manusia, kata pakar hidrologi dan sumber daya air.

“Isu perubahan iklim perlu dibahas tuntas melalui sejumlah diskusi di forum G20 karena dampak dari isu tersebut sangat luas, antara lain dampak ekonomi dan dampak terhadap kualitas hidup manusia,” Yanto, Ph.D. , dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, mengatakan di sini, Senin.

Read More

Kepresidenan G20 telah memberikan kesempatan yang tepat bagi Indonesia untuk mendorong diskusi mendalam tentang perubahan iklim dan mengevaluasi aksi mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan selama ini, tambah dosen Departemen Teknik Sipil Fak.

Forum G20, katanya, memiliki dua jalur. Jalur keuangan berfokus pada masalah keuangan dan jalur sherpa berfokus pada masalah lain yang lebih luas, katanya.

“Saya kira isu perubahan iklim bisa dibahas tuntas, baik melalui keuangan maupun diskusi sherpa, mengingat penanganan isu perubahan iklim juga perlu didukung pendanaan,” ujarnya.

Pembahasan iklim secara menyeluruh di forum ini sangat penting karena dampaknya terhadap sektor keuangan sangat besar, jelas Yanto.

Berita terkait: Mitigasi perubahan iklim untuk mencegah gangguan keuangan: BI

Kepresidenan Indonesia di G20 akan maksimal jika digunakan untuk mendorong dialog yang komprehensif tentang isu-isu seperti banjir, kekeringan, dan bencana iklim lainnya, menurutnya.

“Isu ekstrim perubahan iklim dan dampaknya seperti banjir, kekeringan, dan bencana lainnya perlu dibahas dalam forum Sherpa Track untuk menyeimbangkan aksi perubahan iklim di antara negara-negara peserta G20,” katanya.

BACA JUGA:  Dua Warga Inggris yang Dipenjara di Iran Tiba di Inggris

Indonesia memegang Presidensi G20 untuk pertama kalinya. Ini diasumsikan Kepresidenan pada 1 Desember 2021, dan akan menyerahkannya pada KTT akhir tahun ini.

Dengan demikian, selama satu tahun, Indonesia akan memimpin forum internasional yang merupakan bagian penting dari masyarakat dunia. Forum Kepresidenan Indonesia merupakan suatu kehormatan sekaligus peristiwa bersejarah bagi seluruh bangsa, menurut para pejabat.

Berita terkait: Presidensi G20 diharapkan fokus pada pendanaan perubahan iklim: UNDP

Related posts