Formula Satu mengakhiri kontrak dengan Rusia

Formula Satu (F1) pada hari Kamis memutuskan kontraknya dengan Grand Prix Rusia setelah invasi negara itu ke Ukraina, dengan mengatakan “Rusia tidak akan memiliki balapan” di masa depan.

F1 telah membatalkan balapan tahun ini, yang akan berlangsung di Sochi pada 25 September. Namun setelah diskusi lebih lanjut minggu ini, F1 melangkah lebih jauh dan memutuskan kontrak yang akan berlangsung hingga 2025.

Dalam sebuah pernyataan F1 menyatakan, “Formula 1 dapat mengonfirmasi telah mengakhiri kontraknya dengan Grand Prix Rusia. Rusia tidak akan mengadakan balapan di masa depan.”

Juara F1 empat kali Sebastian Vettel dan beberapa pembalap lain pekan lalu mengatakan mereka tidak akan balapan di Rusia, bahkan jika F1 tidak membatalkan kontraknya dengan Grand Prix.

Dalam perkembangan lain, Persatuan Sepak Bola Rusia mengatakan akan mengajukan banding atas larangan bertanding dalam pertandingan internasional setelah negaranya menginvasi Ukraina.

FIFA dan UEFA pada Senin (28/2) melarang klub sepak bola dan tim nasional Rusia untuk berpartisipasi di semua kompetisi “sampai pemberitahuan lebih lanjut.” [em/jm]