FDA Mengizinkan Vaksin Booster Kedua Untuk Orang Berusia 50 Tahun ke Atas

  • Whatsapp

Read More

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengizinkan pemberian dosis keempat vaksin COVID-19 merek Pfizer dan Moderna untuk orang berusia 50 tahun ke atas.

Sebelumnya, dosis keempat hanya diperbolehkan untuk orang berusia 12 tahun ke atas yang memiliki daya tahan tubuh yang buruk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sekarang akan mempertimbangkan bagaimana menerapkan otorisasi FDA.

Orang yang ingin mendapatkan dosis booster kedua hanya bisa melakukannya setidaknya empat bulan setelah dosis booster pertama, kata FDA, Selasa (29/3).

Otorisasi FDA datang ketika kasus COVID-19 di AS telah menurun setelah lonjakan musim dingin yang disebabkan oleh varian omicron.

Namun, subvarian baru yang disebut BA.2 telah menyebar di Eropa dan AS.

Sekitar dua pertiga orang Amerika telah divaksinasi penuh, artinya mereka telah divaksinasi dua kali dengan dosis Pfizer atau Moderna, atau sekali dengan dosis Johnson & Johnson. Hanya separuh yang telah divaksinasi dengan booster.

Meski vaksin belum menghentikan penyebaran luas omicron, pejabat kesehatan mengatakan vaksin membantu mereka yang terinfeksi menghindari penyakit serius atau kematian.

Pemerintah juga mempertimbangkan untuk memberikan dosis keempat kepada semua warga di musim gugur, ketika jumlah kasus bisa meningkat lagi. [rd/lt]

BACA JUGA:  Wartawan yang Terjebak di Dekat Kyiv Menggambarkan Pengepungan

Related posts