Dunia Metaverse Impian Zuckerberg Semakin Populer

  • Whatsapp

Mark Zuckerberg kini menyematkan masa depan Facebook ke metaverse, bahkan mengubah namanya menjadi Meta. Rupanya ambisi Meta untuk mewujudkan dunia metaverse sudah mulai membuahkan hasil.

Dalam rapat internal Meta minggu ini, Chief Product Office Meta Chris Cox mengungkapkan pertumbuhan pengguna Horizon World. Ini adalah platform VR utama Meta yang dapat diakses menggunakan headset Oculus Quest.

Read More

Cox mengatakan bahwa sejak Horizon Worlds diluncurkan ke semua pengguna Quest di Amerika Serikat dan Kanada pada awal Desember 2021, jumlah pengguna bulanannya telah meningkat 10 kali lipat menjadi 300.000 orang.

Seorang juru bicara Meta mengkonfirmasi laporan tersebut, dan mengatakan jumlah tersebut termasuk pengguna Horizon Worlds dan Horizon Venues, aplikasi terpisah untuk berpartisipasi dalam acara virtual. Namun jumlah itu belum termasuk jumlah pengguna Horizon Workrooms, aplikasi Meta lain untuk mengadakan rapat virtual menggunakan VR.

Horizon World adalah proyek realitas virtual Meta yang paling ambisius. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2019 dengan nama Facebook Horizon dan versi beta dirilis tak lama kemudian.

Platform ini sering dikacaukan dengan Minecraft atau Roblox, karena pengguna dapat menjelajahi dunia virtual yang ada atau membangunnya sendiri. Pengguna dapat muncul sebagai avatar pilihannya tetapi hanya dengan tubuh bagian atas.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis namun hanya dapat diakses menggunakan headset Oculus Quest. Meta sebelumnya mengatakan bahwa saat ini ada 10.000 dunia yang dibangun di Horizon Worlds, dan grup Facebook untuk pembuat konten sudah memiliki lebih dari 20.000 anggota.

BACA JUGA:  Kenali Lee Jun Young, Seorang Idol-Actor yang akan semakin bersinar di tahun 2022!

Sudah waktunya. 10.000 dunia telah dibuat. Mampir dan bermain, membangun, atau sekadar hang out. Kemungkinannya tidak terbatas. pic.twitter.com/VWc83PkuDV

— Dunia Horizon (@HorizonWorlds) 16 Februari 2022

Mengingat bahwa Horizon Worlds baru berusia beberapa bulan, masih terlalu dini untuk melihat apakah pertumbuhan pesat platform ini akan berlanjut atau apakah mereka dapat mempertahankan penggunanya.

Meta juga masih berkutat dengan berbagai masalah teknis terkait dunia mayanya. Seperti banyaknya kasus pelecehan yang dilaporkan, dan masalah teknis selama konser virtual Foo Fighters di Horizon Venues.

Namun pertumbuhannya cukup solid mengingat platform ini hanya bisa diakses menggunakan headset Oculus Quest, dengan Quest 2 versi terbaru dibanderol dengan harga USD 299.

Tetapi Zuckerberg mengatakan Meta berencana untuk membawa Horizon Worlds ke seluler pada akhir tahun 2022 untuk membawa pengalaman metaverse ke lebih banyak platform.

“Jadi, sementara pengalaman yang paling mendalam akan berada dalam realitas virtual, Anda juga akan dapat mengakses dunia ini dari aplikasi Facebook atau Instagram, dan mungkin lebih banyak lagi,” kata Zuckerberg dalam laporan keuangan terbaru Meta.

Related posts