Cristiano Ronaldo menolak anggapan bahwa dia mendekati akhir karirnya

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo menepis anggapan bahwa kariernya sudah mendekati akhir.

Read More

“Saya ditanyai pertanyaan yang sama. Orang yang akan menentukan masa depan saya adalah saya, tidak ada orang lain,” kata Ronaldo dalam konferensi pers jelang final playoff melawan Makedonia Utara di Porto, Selasa, untuk memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022.

“Kalau saya merasa ingin terus bermain, maka saya akan terus bermain, jika saya merasa tidak ingin terus bermain, maka saya tidak akan bermain. Saya putuskan, titik,” lanjut pesepakbola berusia 37 tahun itu, seperti dilansir situs ESPN, Senin.

Juara Euro 2016 Portugal telah lolos di lima final Piala Dunia terakhir, sementara turnamen besar pertama Makedonia Utara adalah Euro 2020.

Ketika ditanya apakah Piala Dunia akan sama tanpa dia, Ronaldo menjawab: “Tidak ada Piala Dunia tanpa Portugal, ini bukan tentang individu di sini, kami adalah tim.”

“Besok adalah final dan kami siap. Favorit? Saya selalu menganggap diri saya favorit, apakah itu kandang atau tandang.”

Baca juga: Ronaldo Minta Fans Portugal Dukungan Fanatik

“Kami sudah tahu jika menang kami akan ke Piala Dunia, jika kalah kami tersingkir. Kami memikul tanggung jawab untuk bersikap positif dan memenangkan pertandingan ini.”

“Tekanan akan selalu ada. Saya merasa baik-baik saja, seperti biasa. Hari lain saya siap.”

Kemenangan 3-1 Portugal atas Turki pada Kamis pekan lalu akan menghadapi tim yang secara mengejutkan mengalahkan Italia 1-0 di Palermo.

“Mereka telah mengejutkan (banyak lawan) di berbagai pertandingan tetapi saya yakin besok mereka tidak akan mengejutkan kami,” kata Ronaldo tentang Makedonia Utara. “Portugal akan menjadi lebih baik dan kami akan pergi ke Piala Dunia.”

Pelatih Portugal Fernando Santos sependapat dengan Ronaldo.

“Kami tahu Makedonia (Utara) dengan baik dan kami harus melawannya dengan benar,” katanya. “Ini mungkin permainan hidup dan mati mereka, tetapi bagi kami juga, dan ini masalah bagaimana kami harus merespons, dengan dedikasi, determinasi, intensitas, semangat pengorbanan, dan determinasi.”

“Kami harus menang, menang, menang. Kami mengandalkan dukungan tanpa syarat dari 11 juta orang Portugal,” kata Santos.

Baca juga: Santos Ingatkan Portugal Jangan Sepelekan Makedonia Utara
Baca juga: Dikalahkan Makedonia Utara, Italia Tak Lolos Piala Dunia 2022

Reporter: Jafar M Sidik
Redaktur: Irwan Suhirwandi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Related posts