CPU pertama Nvidia telah hadir dan mendukung game cloud generasi berikutnya

  • Whatsapp

Selama Computex 2022, Nvidia mengumumkan rilis mendatang dari desain referensi sistem pertamanya yang ditenagai oleh CPU Nvidia Grace. Saat diluncurkan, CPU pertama Nvidia akan membantu mengantarkan komputasi kinerja tinggi (HPC) generasi berikutnya, yang memungkinkan tugas-tugas seperti kecerdasan buatan yang kompleks, permainan cloud, dan analisis data.

Prosesor Nvidia Grace Hopper.

Nvidia Grace CPU Superchip dan Nvidia Grace Hopper Superchip yang akan datang akan menemukan jalan mereka ke model server dari beberapa produsen paling terkenal, seperti Asus, Gigabyte, dan QCT. Di samping x86 dan server berbasis Arm lainnya, chip Nvidia akan membawa tingkat kinerja baru ke pusat data. Baik CPU dan GPU awalnya terungkap awal tahun ini, tetapi sekarang, detail baru telah muncul bersamaan dengan perkiraan tanggal rilis.

Read More

Meskipun Nvidia dikenal sebagai pembuat beberapa kartu grafis terbaik, Grace CPU Superchip memiliki potensi untuk menangani semua jenis tugas HPC, mulai dari AI yang kompleks hingga game berbasis cloud. Nvidia menggoda bahwa Grace Superchip akan datang dengan dua chip prosesor yang terhubung melalui teknologi interkoneksi NVLink-C2C Nvidia.

Digabungkan bersama, chip tersebut akan menawarkan hingga 144 inti Arm V9 berkinerja tinggi dengan ekstensi vektor yang dapat diskalakan serta subsistem memori 1TB/s yang mengesankan. Menurut Nvidia, desain barunya akan menggandakan bandwidth memori dan efisiensi energi prosesor server generasi saat ini. Beberapa kasus penggunaan untuk CPU baru yang terdaftar Nvidia termasuk analitik data, game cloud, kembar digital, dan aplikasi komputasi skala besar.

Diluncurkan bersama Nvidia Grace adalah Nvidia Grace Hopper Superchip, dan meskipun namanya sangat mirip, “Hopper” memberikannya – ini bukan hanya CPU. Nvidia Grace Hopper memasangkan kartu grafis Nvidia Hopper dengan prosesor Nvidia Grace, sekali lagi menggunakan teknologi NVLink-C2C yang sama.

Kartu grafis Hopper H100.

Menggabungkan keduanya memiliki efek besar pada kecepatan transfer data, membuatnya hingga 15 kali lebih cepat daripada CPU tradisional. Kedua chip itu mengesankan, tetapi kombo Grace dan Grace Hopper harus mampu menghadapi hampir semua tugas, termasuk aplikasi kecerdasan buatan skala raksasa.

Portofolio desain server Nvidia yang baru menawarkan sistem alas tiang tunggal dengan konfigurasi hingga empat arah yang tersedia. Desain ini dapat disesuaikan lebih lanjut berdasarkan kebutuhan individu agar sesuai dengan beban kerja tertentu. Untuk itu, Nvidia mencantumkan beberapa sistem.

Sistem Nvidia HGX Grace Hopper untuk pelatihan AI, inferensi, dan HPC dilengkapi dengan Grace Hopper Superchip dan unit pemrosesan data (DPU) BlueField-3 Nvidia. Ada juga alternatif khusus CPU yang menggabungkan Grace CPU Superchip dengan BlueField-3.

Sistem OVX Nvidia ditujukan untuk kembar digital dan beban kerja kolaborasi dan dilengkapi dengan chip CPU Grace, BlueField-3, dan GPU Nvidia yang belum diungkapkan. Terakhir, sistem Nvidia CGX dibuat untuk cloud gaming dan grafis. Ini memasangkan Grace CPU Superchip dengan BlueField-3 dan GPU A16 Nvidia.

Jajaran prosesor dan kartu grafis HPC Nvidia yang baru akan dirilis pada paruh pertama tahun 2023. Perusahaan memberi bocoran bahwa lusinan model server baru dari mitranya akan tersedia sekitar waktu itu.

Rekomendasi Editor




Related posts