Computex 2022: Semua motherboard X670 diumumkan

  • Whatsapp

Sebagai bagian dari Computex 2022, banyak motherboard baru untuk soket AM5 yang akan datang telah diumumkan, akan dirilis tepat pada waktunya untuk peluncuran AMD Ryzen 7000. Platform baru AMD akan mendukung tiga chipset: X670, X670E, dan B650.

Chipset AM5 baru

Platform X670 akan ditujukan untuk para penggemar dan akan hadir dengan serangkaian lonceng dan peluit untuk memanfaatkan CPU AMD generasi berikutnya. MSI dan Asus telah mengumumkan beberapa model, tetapi mereka bukan satu-satunya produsen yang memiliki sesuatu yang baru.

Read More
AMD mengumumkan 600 chipset seri.
AMD

Pengenalan prosesor AMD Ryzen 7000 generasi berikutnya merupakan langkah besar bagi AMD, dan akibatnya, bagi pembuat motherboard AM5 yang cocok. AMD telah memegang soket AM4 untuk waktu yang lama, tetapi sekarang menegaskan bahwa mereka berencana untuk menghentikannya dan beralih ke platform AM5 yang baru. Dengan itu, tiga chipset baru sedang diperkenalkan. X670 dan X670E adalah dua chipset dengan akses ke PCIe 5.0, sedangkan B650 tidak mendukungnya sama sekali.

Ketika datang ke motherboard X670, kami memiliki banyak hal untuk dinanti. Mengingat AMD Ryzen 7000 adalah DDR5-eksklusif, semua papan ini membuka dukungan untuk memori DDR5 dan PCIe 5.0. Chipset X670E (Extreme) mengambil langkah lebih jauh dan menawarkan dukungan untuk overclocking ekstrem serta dukungan PCIe 5.0 melalui slot PCIe dan slot M.2. Platform X670, di sisi lain, membatasi dukungan PCIe 5.0 hanya untuk slot M.2.

BACA JUGA:  Inilah berapa harga Galaxy F23 di India

Motherboard MSI AM5

Motherboard MSI MEG X670E seperti Tuhan.
MSI

Mari kita lihat lebih dekat beberapa motherboard terbaik masa depan yang perlahan-lahan akan memasuki pasar dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. MSI adalah salah satu produsen dengan lineup awal terbesar, melayani beberapa motherboard serta upgrade ke spesifikasi papan. Motherboard akan menawarkan akses penuh ke ARGB Gen 2, yang berarti Anda dapat membuatnya sewarna yang Anda suka. Beberapa — jika tidak semua — dari model X670 akan menampilkan Dasbor M-Vision, memungkinkan kontrol sentuh, penyesuaian, dan wawasan yang lebih mudah tentang kinerja sistem Anda.

Motherboard seri MEG MSI menerima dua entri baru: MEG X670E Godlike dan MEG X670 Ace. Papan ini memiliki ukuran PCB E-ATX, dilengkapi dengan fase modul regulator tegangan (VRM) hingga 24+2, dan Smart Power Stage 105A. Mengingat motherboard ini ditujukan untuk komponen kelas atas, motherboard ini menerima pendinginan ekstra melalui heatsink desain susunan sirip bertumpuk dan pipa panas yang membantu menghilangkan panas secara efektif saat PC Anda menangani tugas-tugas yang membutuhkan banyak sumber daya. Pada motherboard MEG, kami akan menemukan hingga empat slot M.2 serta kartu tambahan yang memungkinkan pengguna memperluas dengan dua slot PCIe 5.0 x4 M.2 tambahan.

MSI juga akan menawarkan motherboard MPG X670 Carbon Wi-Fi dengan fase 18+2 VRM dan empat slot M.2 serta akses onboard 2.5G LAN dan Wi-Fi 6E. Ada juga seri MSI PRO, dibuat untuk para profesional dan kreator, dijuluki MSI PRO X670-P Wi-Fi, DENGAN fase 14+2 VRM dan satu slot M.2 PCIe 5.0.

MSI belum mengungkapkan harga motherboard baru, tetapi berjanji bahwa mereka akan diluncurkan pada musim gugur 2022.

BACA JUGA:  Bacaan yang Disarankan: Di dalam proyek headset realitas campuran Apple

Motherboard Asus AM5

ROG Crosshair X670E Ekstrim/
ASUS

Pabrikan berikutnya yang memberikan kabar menarik tentang motherboard adalah Asus, dan seperti halnya MSI, ada sedikit hal yang membuat kami bersemangat, meskipun sejauh ini hanya papan unggulan yang telah dibicarakan: Asus ROG Crosshair X670E Extreme. Dari tampilannya, motherboard ini akan menjadi mimpi overclocker yang menjadi kenyataan, dengan VRM 20+2 yang diberi nilai 110A.

Secara default, motherboard menawarkan dua slot M.2, tetapi Anda dapat meningkatkan hingga lima dengan dua kartu ekspansi M.2. Itu juga dilengkapi dengan dua slot PCIe 5.0, akses ke Wi-Fi 6E dan 10Gb LAN, dan banyak port, termasuk USB 4.

Motherboard Gigabyte AM5

Motherboard Gigabyte Aorus Extreme.

Gigabyte telah mengkonfirmasi empat motherboard X670: Aorus Xtreme, Aorus Master, Aorus Pro AX, dan Aero D yang berfokus pada kreator. Meskipun merupakan motherboard unggulan dari Gigabyte, keempatnya akan menggunakan chipset X670, bukan X670E. Untuk Aorus Xtreme, setidaknya, ia akan memiliki PCIe 5.0 untuk grafis dan SSD, tetapi X670 hanya secara teknis membutuhkan PCIe 5.0 untuk SSD.

Perusahaan ini mengadakan seri selama seminggu di Computex, jadi kami kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak detail menjelang akhir minggu. Untuk saat ini, kami hanya tahu bahwa motherboard akan segera hadir dan mereka menggunakan X670. Seperti halnya papan Aorus sebelumnya, kami mengharapkan hal-hal seperti tahapan VRM yang padat dan jaringan tingkat atas.

Motherboard AM5 lainnya

Motherboard AMD Ryzen 7000 AM5 yang akan datang.
AMD

Situs web resmi AMD menggoda ASRock X670E Taichi dan Biostar X670E Valkyrie, jadi ada banyak motherboard lain yang sedang dalam proses.

Tidak diragukan lagi, lebih banyak motherboard AMD Zen 4 akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang, dan kami akan terus mengabari Anda saat kami mendengarnya. Sejauh ini, tampak jelas bahwa baik AMD maupun pembuat motherboard sangat ingin mencuri perhatian dari Intel dan membawa AMD ke level overclocking dan performa high-end yang baru. Penantian prosesor AMD generasi berikutnya pasti akan mengasyikkan, karena lebih banyak detail yang belum terungkap.

BACA JUGA:  Home Safe App

Rekomendasi Editor




Related posts