Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error Rusak

  • Whatsapp

Cara Perbaiki Keyboard – Keyboard merupakan bagian integral dari sebuah komputer karena komponen input ini memegang peranan penting dalam sebuah komputer. Meskipun sekarang sudah ada fitur dan perangkat keras untuk layar sentuh untuk keyboard di komputer atau laptop, komponen keyboard ini belum diganti karena lebih mudah dan nyaman digunakan.

Laptop memiliki komponen header atau keyboard yang biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengetikkan kode-kode perintah ke dalam sistem. Lantas seberapa pentingkah fungsi keyboard pada laptop? Bagaimana jika keyboard laptop saya rusak? Beberapa tombol tidak berfungsi?

Read More

Tentu hal ini membuat kita pusing. Ini akan membingungkan karena Anda akan kesulitan mengetik di laptop Anda.

Lihat juga Membuat keyboard di layar laptop jika Anda tidak dapat menggunakan keyboard dalam waktu lama.

Perbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Tapi jangan khawatir, jika keyboard laptop Anda rusak, kami memiliki beberapa grafik tentang cara memperbaikinya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Cek Letak Kerusakan Keyboard

Pertama, Anda perlu mencari tahu apakah keyboard rusak pada perangkat keras atau perangkat lunak. Apa itu perangkat lunak dan perangkat keras? Jadi, korupsi perangkat lunak adalah kerusakan sistem pada laptop sedangkan kerusakan perangkat keras disebabkan oleh perangkat keras atau keyboard.

BACA JUGA:  Galaxy S9 yang berusia empat tahun mendapat pembaruan keamanan terbaru

Bagaimana cara mengidentifikasi kerusakan perangkat keras dan perangkat lunak? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksinya sebagai berikut.

  • Gunakan keyboard eksternal: Jadi jika Anda mencoba menghubungkan keyboard eksternal ke laptop Anda dan keyboard berfungsi dengan baik, maka kerusakannya ada di perangkat keras.
  • Mengakses BIOS : Coba akses BIOS menggunakan keyboard, jika memungkinkan berarti ada kerusakan pada software (Software.

A. Perbaiki Kerusakan Keyboard Pada Bagian Hardware

1. Bersihkan Debu

Jika ada kerusakan atau hanya beberapa sakelar yang tidak berfungsi, debu biasanya menjadi salah satu penyebabnya. Adanya banyak debu biasanya menghambat kinerja tombol karena menopang bagian bawah sehingga tidak mencapai bagian utama keyboard saat tombol Command ditekan.

Anda dapat dengan mudah membersihkan keyboard laptop dari debu atau benda asing yang mungkin berada di antara keyboard, membuat tombol pada keyboard tidak dapat digunakan atau ditekan secara terpisah. Anda dapat membersihkannya dengan pembersih keyboard atau vakum keyboard khusus.

2. Cek Kabel Pita

Sakelar keyboard yang tidak dapat digunakan biasanya memiliki kabel yang terlihat seperti kabel pita yang putus atau kabel jumper yang tebal. Dan untuk mengatasinya dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk tidak melakukannya sendiri, dan cobalah untuk mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman atau membawanya ke pusat layanan.

Tetapi jika Anda bisa, buka laptop secara perlahan, temukan kabel konektor keyboard secara perlahan dan periksa alur kabel konektor keyboard dari kerusakan, dan pasang kembali.

3. Lepas Baterai Laptop

Ternyata melepas baterai laptop juga bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah keyboard laptop. Soalnya casing baterai laptop yang selalu terpasang akan menimbulkan banyak masalah pada laptop.

BACA JUGA:  Samsung meluncurkan seri Galaxy S22 secara global setelah mendapatkan pre-order yang memecahkan rekor

Tidak ada pengecualian untuk keyboard, yang bisa sangat mengganggu.

B. Perbaiki Kerusakan Keyboard Pada Bagian Software

1. Periksa Num Lock

Salah satu faktor yang jarang diketahui dan menyebabkan keyboard error adalah Num Lock yang masih aktif. Ini, pada gilirannya, berdampak langsung pada kondisi keyboard laptop Anda.

Biasanya tidak akan mengeluarkan perintah di laptop sesering yang diharapkan. Inilah mengapa sangat penting untuk memeriksa atau memverifikasi keyboard Num Lock.

Pastikan tidak ada error atau Num Lock masih aktif saat tidak digunakan. Jika Num Lock masih aktif, segera nonaktifkan.

2. Restart Laptop

Jadi jika semua tombol keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba, biasanya karena bug atau bug pada driver. Untuk memperbaiki driver saat terjadi error, anda perlu menginstall laptop agar laptop baru kembali karena akan kembali ke settingan default.

3. Driver Keyboard

Untuk memeriksa ini, Anda harus pergi ke Pengelola Perangkat di PC atau laptop Anda dan lihat bagian driver Keyboard dari daftar. Kemudian centang segitiga kuning maka driver keyboard sudah ok. Jika demikian, Anda harus mencoba memperbarui driver.

Perbarui driver keyboard agar setiap komponen yang terhubung ke laptop memiliki driver sehingga dapat dideteksi. Jadi jika keyboard tidak berfungsi, kami menduga ada masalah dengan driver.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memperbarui driver dengan mengunduh dan menginstal driver resmi sesuai dengan merek laptop Anda. Atau Anda juga dapat menghapus driver keyboard dan me-restart laptop Anda.

4. Restore Windows

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, ada fitur Windows Restore yang dapat Anda gunakan untuk mengatur ulang pengaturan sistem ke waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi jika keyboard rusak karena kesalahan sistem dan kemudian Windows restore, pengaturan sistem akan kembali normal.

BACA JUGA:  Galaxy S21 mendapatkan pembaruan keamanan Maret 2022 di AS

Ikuti langkah-langkah ini untuk memulihkan Windows:

– Menu Mulai > Panel Kontrol.
– Sistem dan Keamanan > Cadangkan komputer Anda.
– Kembalikan pengaturan sistem atau komputer > lalu “Jalankan Pemulihan Sistem”.
– “Processor” Kemudian Windows akan restart secara otomatis.

Nah, berikut ini cara mudah memperbaiki keyboard komputer atau laptop bagi pemula yang bisa mencoba memperbaiki keyboard yang rusak di PC atau laptopnya. Cara-cara di atas juga biasa digunakan oleh para pengguna komputer atau laptop untuk memperbaiki atau memperbaiki keyboard yang rusak. Terima kasih.

Sumber: Kritis.my.id

Related posts