Butuh Nomor Telepon Kedua? Bagaimana Memulai Dengan Google Voice

  • Whatsapp

Anda mungkin memiliki satu nomor telepon untuk ponsel Anda yang digunakan untuk membuat dan menerima panggilan telepon, mengirim dan menerima pesan teks, dan menangani tugas-tugas terkait lainnya. Namun terkadang Anda dapat menggunakan nomor kedua untuk panggilan telepon dan pesan teks pribadi dan profesional. Atau mungkin Anda ingin nomor yang berbeda untuk digunakan saat membuat akun di situs web.

Berbagai pilihan tersedia untuk mengambil nomor telepon kedua, beberapa gratis dan beberapa berbayar. Tetapi satu opsi yang patut dicoba adalah Google Voice.

Read More

Dengan layanan VoIP Google Voice, Anda diberi nomor telepon khusus yang dapat menggunakan kode area yang sama dengan nomor telepon yang ada atau lokasi umum Anda. Setiap panggilan telepon yang dilakukan ke nomor Google Voice Anda akan diteruskan ke nomor reguler Anda untuk Anda jawab secara langsung.

Panggilan tak terjawab masuk ke pesan suara, tempat Google menyediakan transkripsi suara dan teks untuk Anda baca dan dengarkan pesannya. Plus, Anda dapat menggunakan nomor kedua itu untuk panggilan telepon dan pesan teks tidak hanya di ponsel Anda tetapi juga di situs web Google Voice.

Sisi baiknya, Google Voice dan semua fiturnya tersedia secara gratis untuk penggunaan pribadi. Pada sisi negatifnya, layanan pribadi saat ini hanya dapat diakses di AS untuk individu. Namun, Google Voice tersedia untuk pengguna bisnis dan pendidikan dengan akun Google Workspace berbayar di AS dan wilayah tertentu lainnya di seluruh dunia.

Untuk memanfaatkan Google Voice, Anda memerlukan akun Google dan nomor telepon yang ada. Sekarang mari kita periksa langkah-langkah untuk menggunakan opsi ini sebagai nomor telepon kedua.


Siapkan Google Voice

Untuk mengatur nomor Anda di PC, jelajahi halaman web Google Voice(Buka di jendela baru) dan masuk dengan akun Google Anda. Anda dapat menggunakan salah satu browser utama, seperti Chrome, Microsoft Edge, Firefox, atau Safari. Halaman tersebut meminta Anda untuk mencari nomor dengan memasukkan kota atau kode area Anda. Anda dapat memilih kota atau kode area mana pun, tetapi Anda mungkin ingin memilih satu di atau dekat dengan lokasi Anda, terutama jika Anda berencana memberikan nomor tersebut kepada teman, kolega, dan orang lain.

BACA JUGA:  Bahkan ponsel murah Samsung tidak akan datang dengan pengisi daya sekarang

Ketik kode area atau kota untuk melihat nomor yang tersedia. Klik link untuk Menampilkan lebih banyak jika Anda ingin melihat nomor tambahan. Kemudian klik Pilih tombol untuk nomor telepon yang ingin Anda gunakan.

Butuh Nomor Telepon Kedua?  Bagaimana Memulai Dengan Google Voice

Anda sekarang perlu memverifikasi nomor telepon yang ada. Klik tombol verifikasi di layar berikutnya. Ketik nomor telepon Anda dan kemudian klik tombol kirim kode.

Kirim kode

Ketik kode yang Anda terima dan klik tombol Verifikasi. Anda diberi tahu bahwa nomor Anda telah ditautkan ke akun Anda. Klik Selesai lalu klik Selesai lagi.

Menyelesaikan


Gunakan Google Voice di Web

Anda sekarang dapat menggunakan nomor Google Voice Anda di web dan juga di ponsel Anda. Kita coba dulu websitenya. Laman Google Voice Anda menampilkan bilah alat dengan ikon untuk panggilan, pesan, dan pesan suara. Klik ikon pesan suara untuk membaca pesan dari Google Voice yang menyambut Anda di layanan tersebut. Klik tombol putar untuk mendengar pesan dibacakan.

Mainkan pesan selamat datang

Untuk melakukan panggilan telepon dari situs web, klik nomor yang sesuai pada papan tombol untuk melakukan panggilan. Jika Anda memiliki buku alamat di Google, Anda dapat mulai mengetik nama kontak dan memilih orang itu untuk menelepon mereka. Either way, nomor Google Voice Anda akan muncul di ID Penelepon orang lain untuk menjaga agar nomor telepon biasa Anda tidak terungkap. Selama panggilan, Anda dapat membisukan audio, menahan panggilan, dan mengakses papan tombol jika Anda perlu menekan nomor untuk menanggapi menu panggilan. Setelah selesai, cukup klik ikon telepon untuk menutup telepon.

Lakukan panggilan telepon

Jika Anda menerima panggilan di nomor Google Voice Anda, Anda dapat menjawabnya di situs web, meskipun perlu diingat bahwa panggilan itu juga akan diteruskan ke ponsel Anda. Klik ikon telepon hijau untuk menjawab panggilan. Penelepon diminta untuk memberikan nama mereka, yang diumumkan Google kepada Anda. Jika Anda ingin menerima panggilan, buka papan tombol dan klik 1. Untuk mengirim penelepon ke pesan suara Anda, klik 2. Jika tidak, tutup telepon.

Terima panggilan telepon

Selanjutnya, Anda dapat meninjau pesan suara apa pun. Klik ikon Pesan Suara di sebelah kiri. Pilih pesan suara tertentu. Transkripsi teks akan muncul secara otomatis, meskipun Anda mungkin perlu menunggu beberapa menit untuk melihat teks untuk pesan suara baru. Klik tombol Putar untuk mendengarkan pesan.

BACA JUGA:  Ulasan video Galaxy S22+ kami memiliki semua jawaban yang Anda cari

Dengarkan pesan
Kirim dan terima teks

Untuk mengirim pesan teks dari situs web, klik ikon Pesan. Klik opsi untuk Kirim pesan baru. Gulir ke bawah daftar kontak untuk memilih orang yang ingin Anda kirimi SMS atau ketik nomor atau nama orang tersebut. Ketik teks Anda di bagian bawah dan kirimkan. Setiap teks yang Anda terima akan muncul di layar pesan juga.

Anda dapat mengelola panggilan telepon, pesan teks, dan pesan suara di situs web. Untuk melakukannya, pilih panggilan, teks, atau pesan suara tertentu. Bergantung pada itemnya, klik ikon Panggilan atau Pesan di kanan atas untuk menanggapi penelepon melalui telepon atau teks.

Klik ikon tiga titik untuk menampilkan menu dengan opsi berbeda. Pilih Orang untuk menambahkan orang tersebut ke buku alamat Anda. Pilih Arsip untuk mengirim item ke folder Arsip. Pilih Tandai sebagai spam jika panggilan itu spam. Pilih Nomor blok untuk menolak panggilan atau SMS berikutnya dari nomor tersebut. Untuk pesan suara, pilih Unduh untuk menyimpan pesan sebagai file MP3. Pilih Hapus untuk menghapusnya.

Kelola panggilan telepon dan SMS

Di situs web, Anda juga dapat meninjau dan mengubah pengaturan untuk Google Voice. Klik ikon Pengaturan audio di kanan atas untuk menyesuaikan mikrofon, nada, dan speaker Anda.

Sesuaikan audio

Klik ikon Pengaturan di kanan atas. Di layar Pengaturan, Anda dapat menghapus, membuka kunci, atau mentransfer nomor Google Voice Anda. Anda juga dapat mengubah pengaturan tertentu untuk panggilan telepon dan pesan suara, memeriksa riwayat pembayaran, dan mengaktifkan keamanan untuk memfilter panggilan dan pesan spam.

Sesuaikan pengaturan


Gunakan Google Voice di Ponsel Anda

Jika Anda sedang duduk di depan komputer dengan situs web Google Voice terbuka di browser Anda, maka menggunakan halaman web untuk menangani panggilan dan pesan teks tentu layak dilakukan. Jika tidak, Anda dapat memasang dan menyiapkan aplikasi Google Voice gratis di ponsel Anda.

Unduh aplikasi untuk iOS(Buka di jendela baru) atau Android(Buka di jendela baru). Aplikasi Google Voice terlihat dan berfungsi sama di kedua platform. Sebelum Anda mulai membuat dan menerima panggilan, Anda harus menentukan apakah Anda ingin menggunakan data seluler dan Wi-Fi atau operator Anda(Buka di jendela baru) untuk panggilan. Di aplikasi Google Voice, klik ikon hamburger. Pergi ke Pengaturan > Panggilan > Lakukan dan terima panggilan.

BACA JUGA:  Galaxy A73 vs Galaxy S21 FE: Pertempuran kelas menengah atas

Opsi pertama untuk Lebih suka Wi-Fi dan data seluler memungkinkan Anda melakukan panggilan melalui internet seperti yang Anda lakukan dengan layanan VoIP apa pun, namun, ini akan menggunakan sejumlah kecil data dari paket seluler Anda untuk setiap panggilan. Pilihan kedua untuk Gunakan operator saja menggunakan operator seluler Anda untuk melakukan panggilan tetapi dapat dikenakan biaya jika tidak memiliki menit tak terbatas. Jika Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang bagus dan menit yang terbatas, pilih opsi pertama. Jika tidak, pilih opsi kedua.

Pilih opsi panggilan

Untuk melakukan panggilan, ketuk ikon Panggilan di bagian bawah dan pilih ikon papan tombol. Dari sana, pilih nama orang tersebut dari saran atau ketik nomor telepon yang akan dihubungi. Atau, ketuk ikon Kontak di bagian bawah, pilih orang yang ingin Anda hubungi, dan ketuk nomor telepon.

Menelpon

Panggilan masuk ke nomor Google Voice Anda akan berdering di ponsel Anda. Prosesnya sama seperti di situs web. Penelepon diminta untuk memberikan nama mereka, yang diumumkan kepada Anda. Pada papan tombol, ketuk 1 untuk menjawab panggilan atau 2 untuk mengarahkannya ke pesan suara. Ketuk ikon Pesan Suara di bagian bawah untuk mengakses pesan Anda. Transkripsi menampilkan teks. Tekan putar untuk mendengarkan pesan.

Jawab panggilan

Untuk mengirim pesan teks, ketuk ikon Pesan di bagian bawah lalu ketuk ikon pensil, atau ketuk ikon kontak, pilih kontak yang ingin Anda kirimi SMS, lalu ketuk ikon teks. Ketik teks Anda dan kirimkan. Setiap teks yang Anda terima akan muncul di lokasi yang sama.

Kirim atau terima teks

Terakhir, untuk mengubah pengaturan Google Voice di aplikasi seluler, buka Pengaturan dan Anda akan menemukan opsi untuk pesan, panggilan, pesan suara, pembayaran, dan keamanan.

Sesuaikan pengaturan

Seperti Apa yang Anda Baca?

Mendaftar untuk Mobilisasi Sepenuhnya buletin agar kisah teknologi seluler teratas kami dikirimkan langsung ke kotak masuk Anda.

Buletin ini mungkin berisi iklan, penawaran, atau tautan afiliasi. Berlangganan buletin menunjukkan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja.

Related posts