Bill Gates Peringatkan Ancaman Pandemi Setelah COVID-19

  • Whatsapp

Bill Gates kembali memberikan prediksinya tentang pandemi COVID-19. Senior Microsoft ini mengatakan gejala parah yang muncul pada kasus COVID-19 telah berkurang drastis, tetapi ia memperingatkan bahwa pandemi lain akan datang.

Berbicara di Konferensi Keamanan Munich di Jerman, Gates mengatakan potensi pandemi di masa depan kemungkinan akan disebabkan oleh patogen lain yang berbeda dari keluarga virus corona.

Read More

Tetapi dia menambahkan bahwa kemajuan teknologi kesehatan dapat membantu negara-negara mengatasi pandemi, jika semua orang mulai berinvestasi sekarang.

“Kami akan mengalami pandemi lain. Ini akan menjadi patogen yang berbeda di masa depan,” kata Gates, seperti dikutip CNBC, Sabtu (19/2/2022).

Setelah dua tahun pandemi COVID-19, Gates mengatakan dampak terburuk sudah mulai menurun karena sebagian besar populasi global telah memperoleh kekebalan. Keparahannya juga mulai berkurang pada varian terbaru Omicron.

Tetapi Gates mengatakan sekarang sudah terlambat untuk mencapai target vaksinasi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. WHO menargetkan vaksinasi 70% dari populasi global pada pertengahan 2022, dan saat ini hanya 61,9% dari populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Pria berusia 66 tahun itu menambahkan bahwa negara-negara harus bergerak lebih cepat untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin. Dia juga mengajak negara-negara untuk berinvestasi sekarang.

“Biaya untuk mempersiapkan pandemi berikutnya tidak terlalu besar. Tidak seperti perubahan iklim. Jika kita rasional, ya, maka kita bisa menghadapinya lebih awal,” kata Gates.

Gates, melalui Bill & Melinda Gates Foundation, telah bermitra dengan Wellcome Trust untuk menyumbangkan USD 300 juta kepada Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). CEPI saat ini berusaha untuk mengumpulkan $3,5 miliar untuk memangkas waktu pengembangan vaksin baru menjadi 100 hari.

BACA JUGA:  SSSTikTok, Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Tahun 2022

Related posts