Berapa banyak memori GPU yang saya butuhkan?

  • Whatsapp

Sama seperti PC Anda yang memiliki memori (disebut RAM), GPU khusus akan memiliki memorinya sendiri, yang disebut VRAM (RAM video). Dan seperti halnya RAM, tidak memiliki cukup VRAM dapat menyebabkan masalah kinerja. Berapa banyak yang Anda miliki akan bergantung pada GPU yang Anda miliki, dan seberapa banyak yang Anda butuhkan akan bergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Jadi, jawaban pasti dan samar tentang berapa banyak memori GPU yang sebenarnya Anda butuhkan, adalah: Tergantung.

Read More

Apa perbedaan antara RAM sistem dan VRAM?

RAM dipasang di slot.

Sistem RAM dan VRAM sangat mirip: Keduanya memiliki kapasitas yang relatif kecil dan sangat cepat. Tapi mereka tidak persis sama, karena sistem RAM dimaksudkan untuk CPU dan VRAM dimaksudkan untuk GPU, dan kedua prosesor yang berbeda ini memiliki kebutuhan yang sangat berbeda. RAM sistem memiliki latensi yang sangat rendah (yang bagus) tetapi memiliki bandwidth memori yang relatif rendah. Sementara itu, VRAM memiliki bandwidth memori yang sangat tinggi dengan latensi yang jauh lebih tinggi. Itu hanya karena fakta bahwa CPU membutuhkan latensi rendah lebih dari yang mereka butuhkan bandwidth tinggi, dan sebaliknya untuk GPU.

Perbedaan utama lainnya antara RAM sistem dan VRAM adalah kemampuan upgrade. Ini sepele untuk meng-upgrade RAM sistem — Anda cukup mencolokkan stik baru atau mengganti stik yang sudah ada. Tetapi VRAM tidak dapat diupgrade oleh pengguna (di luar modifikasi perangkat keras yang ekstrem dengan besi solder). Ini berarti GPU apa pun yang Anda beli, Anda terjebak dengan seberapa banyak memori yang dimilikinya.

Ini bukan semacam pengawasan desain atau kasus produsen GPU yang ingin Anda membeli GPU baru setiap saat. Alasan sebenarnya adalah bahwa GPU hanya dapat dipasangkan dengan sejumlah RAM tertentu, tergantung pada lebar bus memori. CPU dapat mentolerir konfigurasi RAM yang cukup gila, tetapi GPU tidak bisa.

bermain game

Gambar sampul untuk Ghosts of Tsushima.

Jika Anda seorang gamer, kabar baik: GPU gaming cenderung dirancang dengan cukup bijaksana. Apa pun VRAM yang ada di GPU Anda mungkin hanya itu yang Anda perlukan. Mungkin ada beberapa kasus di mana memiliki lebih banyak memori akan bermanfaat, tetapi AMD, Nvidia, dan pengembang game cukup pandai menggunakan trik perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghemat memori. Selain itu, kemungkinan besar GPU itu sendiri akan mencapai ujungnya sebelum Anda membutuhkan lebih banyak VRAM.

Ada beberapa pengecualian. Beberapa game tidak dioptimalkan dengan baik, artinya Anda harus bermain dengan pengaturan grafis untuk mendapatkan kinerja yang layak, dan jika Anda pernah memodifikasi game seperti Skyrim, Anda mungkin pernah melihat mod grafis yang mengatakan bahwa Anda membutuhkan GPU dengan banyak VRAM. Dalam kasus ini, memiliki GPU kelas atas mungkin diperlukan karena mereka biasanya tidak menempatkan banyak VRAM pada GPU kelas bawah. Namun, ada RTX 3060, yang memiliki VRAM 12 GB yang gila, seperti RTX 3080 Ti, dan MSRP $329-nya menempatkannya dengan kuat di kelas menengah.

Hanya game AAA terbaru yang berjalan dengan segala sesuatu yang berubah menjadi ultra pada resolusi 4K yang menuntut apa pun yang mendekati VRAM sebanyak itu, dan meskipun demikian, Anda akan memerlukan kartu super high-end, jadi pastikan GPU Anda terkini dan high-end yang Anda butuhkan dan mampu lebih penting daripada mengkhawatirkan VRAM.

Produktifitas

Konsep Volkswagen ID Cargo

Pekerjaan profesional yang dilakukan dengan perangkat lunak profesional seperti AutoCAD atau Adobe Premiere Pro kemungkinan akan menuntut lebih banyak VRAM daripada kebanyakan game. Tetapi seperti halnya GPU game, GPU workstation sering kali hadir dengan jumlah VRAM yang masuk akal, dan secara keseluruhan, Anda akan menemukan bahwa jenis GPU ini cenderung memiliki lebih banyak VRAM daripada rekan game mereka, setidaknya di kelas atas. AMD PRO W6800 top-end dilengkapi dengan memori 32 GB, sedangkan RTX A6000 Nvidia memiliki 48GB, yang tentu saja berlebihan bagi sebagian besar pengguna.

Menurut Panduan Solusi Profesional Nvidia, GPU modern yang dilengkapi dengan VRAM 8GB hingga 12GB diperlukan untuk memenuhi persyaratan minimum. Namun, Anda mungkin bisa lolos dengan lebih sedikit VRAM. Persyaratan minimum Adobe Premiere Pro untuk VRAM adalah 2GB, dan disarankan dari 4GB hingga 6GB. Spesifikasi “dasar” Autodesk AutoCAD meminta 1GB VRAM tetapi merekomendasikan 4GB.

Ini ideal untuk memiliki lebih banyak memori daripada yang Anda butuhkan, dan ini sangat penting untuk GPU karena Anda tidak dapat memutakhirkan VRAM. Berdasarkan rekomendasi dari perusahaan seperti Nvidia dan Adobe, Anda memerlukan setidaknya 4GB untuk pekerjaan ringan, dan menemukan GPU generasi saat ini atau lebih lama dengan 4GB seharusnya tidak terlalu sulit. Jika tugas Anda adalah mengedit video di Premiere Pro atau membuat model di Autodesk Maya, maka Anda pasti ingin merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan GPU dengan VRAM minimal 8GB, meskipun bukan generasi terbaru.

Haruskah saya khawatir tentang penggunaan memori yang sangat tinggi?

Kebanyakan orang mungkin telah melihat Task Manager atau perangkat lunak pemantauan lainnya dan telah melihat hampir semua VRAM mereka digunakan saat bermain game atau melakukan pekerjaan. Dapat dimengerti untuk khawatir tentang itu, tetapi kecuali jika kinerja Anda lebih rendah dari yang diharapkan dan penggunaan memori GPU secara konsisten pada 100%, tidak perlu khawatir. GPU Anda cerdas dan menggunakan memori itu karena suatu alasan.

Hal tentang penggunaan memori adalah bahwa namanya menyesatkan. Pengelola Tugas tidak menunjukkan kepada Anda semua data yang sedang digunakan, ini menunjukkan kepada Anda semua memori yang ditempati oleh data. Itu mungkin tampak seperti hal yang persis sama, tetapi sebenarnya tidak. GPU dapat menukar data masuk dan keluar dari memori saat dibutuhkan atau menyimpan data di memori untuk berjaga-jaga jika diperlukan nanti.

Namun, jika Anda benar-benar kehabisan VRAM, PC Anda akan berhenti bekerja. Jika Anda bermain game, Anda dapat mengharapkan penurunan frame per detik yang besar, atau jika Anda mencoba mengedit video, Anda akan melihat bahwa menggosok garis waktu tiba-tiba menjadi kurang responsif.

Rekomendasi Editor




Related posts