Berikut 10 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik dan Gratis

  • Whatsapp
Aplikasi Pembukuan

Aplikasi pembukuan Usaha – Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda perlu mencatat keuangan perusahaan Anda. Yang Anda butuhkan untuk memudahkan pekerjaan adalah sebuah aplikasi yang mampu menghitung pembukuan bisnis Anda.

Pengusaha membutuhkan yang cerdas harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, misalnya saja seperti aplikasi pembukuan ini. Dan Anda juga sadar bahwa pembukuan secara manual atau konvensional tak bisa memberikan sebuah hasil yang efektif dan valid karena banyaknya keteledoran atau memang sengaja dibuat salah.

Ada banyak aplikasi pembukuan di internet yang tersedia baik gratis maupun berbayar. Jelas ada perbedaan fitur yang sangat mencolok di antara keduanya. Namun jangan ragu untuk mengeluarkan uang untuk hasil yang maksimal. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan harga berbeda yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

10 Aplikasi Pembukuan Usaha dan Toko Online Gratis

Aplikasi pembukuan memiliki fitur yang dirancang untuk membantu para pebisnis online dalam mengelola keuangannya meskipun baru mengenal pembukuan. Ingin tahu aplikasi apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengelola pembukuan Anda? Ini adalah daftar rekomendasi dari BangkuTaman!

1. Zahir Accounting

Zahir Accounting

Zahir Accounting merupakan software akuntansi yang sudah dikenal oleh para pelaku bisnis sejak tahun 1996. Zahir dapat membantu para pebisnis dan pengusaha dalam mengelola bisnis mereka secara finansial dengan mudah, cepat dan akurat. Zahir Accounting digunakan oleh lebih dari 30.000 UKM dan perusahaan besar dengan 50.000 pengguna (pengguna / lisensi) di Indonesia dan luar negeri.

Zahir tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris karena banyaknya pengguna dari berbagai negara. Zahir sendiri memiliki beberapa fitur yang memungkinkan para pengusaha untuk memantau bisnisnya secara real time, mulai dari penjualan, invoice, pembelian, dan inventaris.

2. Moota

Moota

Moota adalah aplikasi yang memiliki peranan dalam pengecekkan mutasi dan saldo rekening. Moota sangat berguna bagi pebisnis yang ingin melihat apa yang dilakukan mutasi dana tanpa harus login ke berbagai jenis perbankan elektronik.

Beragam fitur Moota seperti cek transaksi, notifikasi transfer panggilan, data transaksi ekspor, rekening bank unlimited dan lainnya. Moota juga memiliki fitur API yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan Moota ke sistem situs web Anda untuk membuat pengecekan data transaksi menjadi lebih mudah dan otomatis.

3. BukuWarung

bukuwarung

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi yang memudahkan perusahaan untuk memulai utang piutang, mengelola persediaan, dan akuntansi perusahaan.

Fitur BukuWarung gratis atau free! Ini cocok untuk mereka yang memulai bisnis dan tidak memiliki anggaran khusus untuk berlangganan alat dan aplikasi.

4. Teman Bisnis

Teman Bisnis

Teman Bisnis adalah aplikasi yang dirancang untuk pebisnis Indonesia untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja keuangan mereka. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan jika Anda baru mengenal manajemen keuangan.

Teman Bisnis memiliki berbagai fungsi seperti data transaksi, pelaporan keuangan, hutang, dan manajemen persediaan.

5. Freshbooks

Freshbooks

Freshbooks adalah perangkat lunak akuntansi yang berbasis di wilayah Toronto, Kanada. Freshbooks dijalankan oleh 2ndSite Inc. Ditargetkan pada usaha kecil dan menengah.

Aplikasi ini juga menyediakan otomatisasi pengingat faktur atau invoice untuk mengumpulkan pembayaran.

6. Paper.Id

Paper.Id

Paper.id merupakan platform yang memberikan kemudahan bagi pemilik usaha untuk mengelola kebutuhan penagihannya. Anda tidak lagi harus menangani pemrosesan dokumen invoice. Platform ini tidak hanya mengelola invoice, tetapi juga pembayaran dan pembiayaan bisnis.

Paper.id dipercaya oleh lebih dari 250.000 pengusaha dan perusahaan terkemuka di seluruh Indonesia.

7. Buku Kas

Buku Kas

BukuKas adalah aplikasi keuangan bisnis gratis. BukuKas telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengusaha kecil dan menengah di Indonesia. BukuKas membantu pengusaha memantau dan mengelola arus kas.

BukuKas memiliki kemampuan untuk mencatat semua transaksi, membuat laporan keuangan, dan mencatat serta menagih hutang dagang. Anda juga dapat mengirim uang tanpa dikenakan biaya administrasi bank.

8. Money Lover

Money Lover

Money Lover adalah aplikasi manajemen keuangan, anggaran & budget. Money Lover dapat secara otomatis menyinkronkan segala sesuatu antar perangkat.

Money Lover menerima aplikasi Pengelola Uang dan Anggaran Terbaik 2016 dan 2017 di Android (nominasi Google Play). Money Lover juga menawarkan opsi untuk menggunakan aplikasi secara gratis atau premium.

9. Expense Manager

Expense Manager

 

Expense Manager adalah aplikasi manajemen keuangan yang digunakan perusahaan untuk memproses, membayar, dan memantau pengeluaran. Aplikasi ini tidak terbatas pada pencatatan pengeluaran lain yang dikeluarkan oleh karyawan, seperti biaya perjalanan dan liburan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pengeluaran bisnis Anda dari biaya lain yang kurang penting. Anda dapat mengelola keuangan perusahaan dengan lebih efisien.

10. Finansialku

Finansialku

Finansialku adalah aplikasi keuangan yang membantu Anda mengelola dan membuat rencana keuangan, mengelola keuangan Anda dan mencapai tujuan keuangan Anda.

Finansialku adalah satu-satunya aplikasi keuangan yang menawarkan layanan konsultasi online dengan perencana keuangan bersertifikat CFP® (Certified Financial Planner). Tertarik menggunakan aplikasi ini?

Manfaat Aplikasi Pembukuan bagi Usaha dan Bisnis Anda

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, sebagai seorang pebisnis, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan dari melakukan aktivitas pengelolaan keuangan secara manual. Manfaat menggunakan program pembukuan adalah:

1. Mengetahui Keuangan Bisnis Kamu

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, Anda akan mengetahui status keuangan perusahaan Anda secara real time dan detail.

Anda tidak perlu menghitung ulang untuk memahami semuanya. Cukup buka aplikasi pembukuan Anda dan Anda akan langsung mendapatkan data keuangan.

2. Lebih Mudah Untuk Mengawasi

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, Anda memantau situasi keuangan Anda. Keuntungan ini memungkinkan Anda untuk memantau di mana laporan keuangan dibuat.

Anda tidak perlu khawatir untuk datang dan memeriksa laporan keuangan Anda.

3. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Dalam berbisnis, Anda diharuskan untuk selalu melakukan evaluasi untuk bisa berjalan secara semestinya. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan data laporan secara realtime dan hal ini akan mempermudah evaluasi kinerja.

4. Meningkatkan Akurasi Data

Akurasi data menjadi hal yang sangat krusial dan penting dalam sebuah bisnis. Bagaimanapun, keuangan sangat menentukan keberlangsungan perusahaan Anda.

Kita juga tahu bahwa tak sedikit kasus tentang pencatatan keuangan secara manual sering mengalami kesalahan serta kehilangan data. Hal ini disebabkan faktor human error yang tak terelakan dari setiap kegiatan akuntansi.

Namun akan berbeda cerita jika kamu menggunakan aplikasi pembukuan, yang mana setiap aplikasi-aplikasi tersebut memiliki keakuratan data yang maksimal sehingga dapat meminimalisir sebuah kesalahan.

5. Meningkatkan Mobilitas

Aplikasi pembukuan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola keuangan bisnis Anda di mana pun Anda berada. Anda dapat melakukan aktivitas lain tanpa terikat dengan aktivitas pencatatan keuangan.

Ini adalah jenis dan manfaat aplikasi pembukuan untuk bisnis Anda. Keberadaan aplikasi ini penting untuk bisnis Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas karena memiliki keunggulan yang sangat berguna baik dalam akurasi data maupun efisiensi waktu.

Sesuaikan opsi aplikasi Anda dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya teknologi ini. Apakah Anda sudah tahu mana yang harus dipilih untuk perusahaan Anda?

Related posts