Apa itu Penyimpanan Akses Cerdas AMD?

  • Whatsapp

Bersamaan dengan pengumuman prosesor Ryzen 7000, AMD mengungkapkan teknologi baru yang datang ke platform: Smart Access Storage. Ini bertujuan untuk mematikan layar pemuatan dalam game, dan itu dibangun di atas kerangka kerja DirectStorage Microsoft. Kami di sini untuk merinci apa itu Penyimpanan Akses Cerdas dan bagaimana Anda dapat menggunakannya.

Penyimpanan Akses Cerdas belum tersedia, dan AMD mengatakan akan membagikan lebih banyak berita tentang teknologi dalam waktu dekat. Kami masih memiliki beberapa petunjuk setelah AMD Computex 2022 keynote, jadi mari kita gali.

Read More

Apa itu Penyimpanan Akses Cerdas AMD?

AMD mengumumkan Penyimpanan SmartAccess di Computex 2022.

AMD Smart Access Storage adalah teknologi Smart baru yang memasuki jajaran AMD, di samping fitur-fitur seperti Smart Access Memory untuk kartu grafis. Kami hanya tahu sedikit tentang teknologi ini sekarang, tetapi AMD mengonfirmasi bahwa ia menggunakan Microsoft DirectStorage untuk meningkatkan waktu pemuatan game secara besar-besaran.

Kami telah melihat DirectStorage bekerja di ditinggalkan, memuat game dalam waktu kurang dari satu detik dengan perangkat keras yang didukung. Penyimpanan Akses Cerdas tidak menggantikan DirectStorage. AMD mengatakan teknologi barunya hanya mendukung DirectStorage saat Anda memasangkan CPU Ryzen dengan GPU Radeon.

Berbagai tangkapan layar membandingkan waktu pemuatan di Forspoken.

Pada intinya, DirectStorage dan Smart Access Storage meningkatkan waktu pemuatan game dengan menyerahkan dekompresi file ke GPU. Dalam permainan, ini biasanya ditangani antara CPU dan hard drive, yang jauh lebih lambat. Akibatnya, teknologi pemuatan ini juga mengurangi overhead CPU.

AMD mengatakan kami dapat mengharapkan lebih banyak berita tentang Smart Access Storage dalam beberapa bulan mendatang, mengikuti pengumuman di Computex 2022. Untuk saat ini, kami tahu bahwa DirectStorage meningkatkan waktu pemuatan, dan Penyimpanan Akses Cerdas dapat lebih meningkatkan waktu pemuatan tersebut dengan CPU Ryzen dan GPU Radeon.

BACA JUGA:  Download X8 Sandbox Mod Apk Tanpa Iklan versi Terbaru 2022

Pertanyaannya: Bagaimana?

Bagaimana cara kerja AMD Smart Access Storage?

AMD bungkam pada Penyimpanan Akses Cerdas dari tingkat teknis, tetapi perusahaan masih memberikan beberapa petunjuk tentang cara kerjanya. Namun, sebelum mengetahui cara kerja Smart Access Storage, penting untuk mengetahui bagaimana game memuat aset dan bagaimana DirectStorage Microsoft dapat meningkatkan waktu pemuatan.

Grafik yang menunjukkan cara game mendekompresi file.
Microsoft

File game dikompres untuk mengurangi ukuran penginstalan, dan GPU tidak dapat menggunakan file terkompresi. Saat merender adegan, data dari hard drive Anda dimuat ke RAM Anda sebelum diteruskan ke CPU untuk dekompresi. Kemudian berjalan ke memori video GPU Anda sebelum dirender oleh kartu grafis Anda.

Sistem ini dibangun ketika sebagian besar PC masih menggunakan hard drive yang lambat dan berputar. Dengan PCIe 4.0 dan PCIe 5.0 SSD ultra-cepat, aset terkompresi dapat berasal langsung dari hard drive. DirectStorage menghilangkan CPU, alih-alih meneruskan aset dari SSD ke RAM sistem dan kemudian langsung ke GPU untuk dekompresi.

Grafik yang menunjukkan cara kerja Microsoft DirectStorage.
Microsoft

Dekompresi GPU bukanlah hal baru. Masalah utamanya adalah penyimpanan, di mana SSD tidak dapat memberi cukup data pada GPU untuk mendekompresinya (itulah sebabnya ia melewati CPU terlebih dahulu). DirectStorage, dengan SSD yang didukung, menghilangkan hambatan itu.

Penyimpanan Akses Cerdas terlihat untuk lebih meningkatkan sistem itu. Robert Hallock dari AMD menjelaskan perbedaan utama kepada kami: “Karena kami memiliki CPU dan titik akhir GPU, kami tidak perlu pergi ke memori utama seperti DirectStorage.”

Alih-alih menggunakan RAM sistem, Smart Access Storage menyediakan koneksi langsung dari SSD ke kartu grafis, yang semakin meningkatkan waktu pemuatan. AMD belum mengatakan berapa banyak, tetapi mengingat seberapa cepat DirectStorage terbentuk, Smart Access Storage dapat mematikan pemuatan layar dalam game.

BACA JUGA:  Fitur Berbagi Langsung baru untuk Tim seperti berbagi layar 2.0

Apa yang Anda butuhkan untuk AMD Smart Access Storage?

Render prosesor AMD Ryzen.

Penyimpanan Akses Cerdas bekerja secara eksklusif dengan GPU Radeon dan CPU Ryzen, tetapi AMD belum mengklarifikasi generasi mana yang akan berfungsi. Kami tahu bahwa semua CPU Ryzen 7000 akan mendukung teknologi ini, dan kami berasumsi RX 6000 juga akan berfungsi (AMD menunjukkan kartu grafis RX 6000 selama pengumuman). Tanda tanya besar datang dari SSD.

Dalam sebuah wawancara dengan PCWorld, Frank Azor dari AMD mengatakan bahwa “hanya karena Anda memiliki PCIe Gen 4 atau drive Gen 5 yang akan datang, itu tidak berarti bahwa drive tersebut akan mampu memenuhi tuntutan kinerja dan kemampuan Penyimpanan Akses Cerdas.” AMD kemungkinan akan merilis daftar hard drive yang didukung setelah peluncuran semakin dekat.

Namun, Anda akan memerlukan PCIe 4.0 atau PCIe 5.0 SSD, meskipun beberapa di antaranya tidak kompatibel. Ini diperlukan oleh DirectStorage.

Western Digital Black SN850X NVMe SSD.

Untuk CPU dan GPU, kemungkinan AMD juga akan mendukung CPU Ryzen 5000, karena chip ini mendukung PCIe 4.0. AMD belum mengatakan satu atau lain cara. Untuk saat ini, aman untuk mengasumsikan bahwa Anda memerlukan CPU Ryzen 7000, GPU Radeon RX 6000, dan dukungan PCIe 4.0 atau 5.0 SSD untuk menggunakan Smart Access Storage.

Ingatlah bahwa Anda masih dapat menggunakan DirectStorage tanpa kombo Ryzen CPU/Radeon GPU. Penyimpanan Akses Cerdas terbuka untuk mendukung konfigurasi AMD/Nvidia dan Intel/Radeon dengan DirectStorage. Konfigurasi ini tidak akan secepat ini, tetapi tetap didukung.

Rekomendasi Editor




Related posts