Anggota DPD berbagi konsep kepemimpinan ala humabetang dengan mahasiswa

Palangka Raya (ANTARA) – Anggota DPD RI Agustin Teras Narang berbagi pengalaman dan konsep kepemimpinan ala humabetang yang pernah ia lakukan saat menjadi Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 kepada Civitas Akademika Universitas Kristen Indonesia (UKI). ) Jakarta.

Semangat humabetang atau rumah besar merupakan upaya untuk mendorong terciptanya kebersamaan masyarakat di Kalteng, ujar Teras Narang di sela-sela Kuliah Kepemimpinan 2022 yang diselenggarakan Fakultas Hukum UKI bekerjasama dengan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Rektor UKI. Kerjasama melalui rilis yang diterima di Palangka Raya, Rabu.

“Hal ini penting, agar melalui kebersamaan, upaya mengatasi berbagai permasalahan daerah dapat teratasi. Karena itulah saya mencetuskan konsep kepemimpinan ala humabetang. Konsep ini memiliki ciri-ciri humanis, maju, berani, jujur, dan bertanggung jawab. ,” dia berkata.

Baca juga: Teras Narang Minta SDM di Kalimantan Terlibat Membangun IKN

Humanisme yang menjadi ciri kepemimpinan humabetang dimaknai sebagai pentingnya menitikberatkan pada pembangunan dan kesejahteraan sumber daya manusia dalam semangat kebersamaan. Ciri-ciri maju didefinisikan sebagai kesungguhan dan komitmen untuk membawa orang lain dan lingkungan untuk berkolaborasi menuju kemajuan bagi semua pemangku kepentingan.

Sifat berani Jujur berarti memiliki keberanian untuk memelihara dan mengembangkan integritas dalam bekerja dan sifat tanggung jawab diartikan sebagai sikap memiliki tanggung jawab terhadap peran yang diamanatkan.

“Berbagai ciri kepemimpinan ala humabetang ini terinspirasi dari 10 karakter “servant-leadership” yang diungkap Larry Spears,” kata Teras.

Baca juga: DPR Minta Teras Narang Berikan Masukan untuk Penyelesaian RUU Provinsi Kalteng
Baca juga: Teras Narang: Pimpinan Otorita IKN Harus Peka terhadap Kearifan Lokal

Dosen terbang di beberapa universitas swasta di Jakarta ini mengatakan Larry Spears adalah pemimpin dari Larry C Spears Center for Servant-Leadership, Inc. sebuah lembaga yang berfokus pada pengembangan konsep kepemimpinan yang melayani.

BACA JUGA:  KSP meminta pemerintah daerah juga memantau HET minyak goreng curah di pasar

Ia mengatakan dalam pandangan Larry, ciri-ciri kepemimpinan yang melayani adalah mendengarkan, berempati, menyembuhkan, membawa kesadaran, persuasif, konseptualisasi, visioner, pelayanan pelayan, berkomitmen untuk mengembangkan orang lain, dan membangun komunitas.

“Jadi, nilai UKI ‘melayani, tidak dilayani’ adalah bagian dari sikap kita. Itu menjadi pedoman bagi saya dalam menjalankan kepemimpinan,” kata Teras Narang dalam sesi bertajuk ‘Merajut Kepemimpinan di Tahun Kolaborasi Menuju UKI Unggul ‘.

Wartawan: Kasriadi/Jaya Wirawana Manurung
Redaktur: Herry Soebanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022