AMD vs. Nvidia di Computex 2022: Di mana semua GPU?

  • Whatsapp

Computex 2022 mungkin sedang berjalan lancar, tetapi jika Anda mengharapkan berita menarik dari dua produsen kartu grafis besar, maka pertunjukan sudah berakhir. Keynote AMD berisi godaan menggoda dari prosesor generasi berikutnya dan beberapa tampilan laptop, sementara Nvidia berfokus pada pengembangan AI dan pendinginan grafis pusat data.

Dan itu saja. Tidak ada RDNA 3, tidak ada RTX 4000, tidak ada GTX 1630, dan bahkan tidak ada dorongan dan kedipan bahwa kami mungkin ingin segera memperbarui catu daya kami.

Read More

Untuk dua perusahaan yang seharusnya meluncurkan kartu generasi berikutnya dalam beberapa bulan ke depan, ada kelangkaan berita GPU yang mengejutkan yang membuat keseluruhan acara terasa sedikit mengecewakan.

Nvidia: GPU untuk saya tetapi tidak untuk Anda

Penggunaan energi untuk GPU pusat data berpendingin cairan Nvidia.

Mungkin tidak adil untuk mengatakan bahwa Nvidia tidak memiliki berita kartu grafis di Computex, hanya saja hampir sama sekali tidak relevan untuk para gamer dan penggemar PC. Ini memulai debutnya perangkat keras CPU dan GPU baru untuk pusat data, yang tidak terlalu menarik untuk gamer rumahan, meskipun seharusnya memungkinkan kinerja game yang jauh lebih besar untuk streaming game, yang Nvidia andalkan dengan platform GeForce Now-nya.

Ini juga menambahkan pendingin air ke beberapa kartu ini, membantu meningkatkan efisiensi energi di server yang berat GPU. Dengan pusat data yang menyumbang sekitar 1% dari penggunaan listrik global, dan setengah dari itu terjadi pada pendinginan, ini dapat memiliki dampak lingkungan yang cukup besar.

Ada banyak pembicaraan tentang perkembangan AI, di mana Nvidia telah mengucurkan miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir, menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak yang mendasari untuk mobil self-driving, dan berbagai simulasi. Satu-satunya anggukan nyata untuk bermain game adalah beberapa game tambahan yang menambahkan dukungan DLSS dan ray tracing, dan monitor game 500Hz baru dari Asus.

Seperti yang sudah jelas selama beberapa tahun sekarang, Nvidia semakin melihat bisnis gamenya sebagai usaha sampingan untuk kerajaan AI yang sedang berkembang, sebuah industri di mana Nvidia tampaknya siap menjadi pemain utama selama bertahun-tahun yang akan datang. Ketika kartu RTX 4000 turun dalam beberapa bulan, mereka pasti akan mengesankan, performatif, dan mungkin lebih haus kekuasaan dari sebelumnya, tetapi bahkan kemudian mungkin terasa seperti industri yang menua yang Nvidia dengan senang hati masuki. Terutama karena itu membuat pembunuhan pada kekurangan silikon global dan kenaikan harga dalam beberapa tahun terakhir.

AMD: Grafik onboard, siapa saja?

Lisa Su menunjukkan Zen 4 CPU.

Seolah-olah ada kesepakatan untuk tidak membicarakan GPU sementara Nvidia tidak menunjukkan apa-apa, AMD bekerja keras pada prosesor Zen 4 generasi berikutnya di Computex 2022. Ryzen 7000 diatur untuk meningkatkan kecepatan clock, jumlah cache, dan FPS pada gilirannya, kemungkinan menghadirkan prosesor game tercepat yang pernah ada di dunia. Setidaknya sampai Danau Raptor memberikannya beberapa kompetisi tambahan di Musim Gugur ini.

AMD juga memamerkan beberapa laptop baru yang terlihat cantik dan, berkat perkembangan teknologi “Smart” AMD yang sedang berlangsung, akan dapat sepenuhnya memanfaatkan kombinasi CPU dan GPU AMD mereka untuk menghasilkan kinerja yang mengesankan — saat diluncurkan, akhir tahun ini. Ini bagus dan semuanya, tetapi ini adalah beberapa laptop yang sama yang kami sukai di CES 2022 hampir enam bulan yang lalu dan kami masih menunggu sejumlah desain ini tersedia secara luas.

Satu-satunya berita grafis nyata dari tim merah di acara ini adalah dimasukkannya inti grafis RDNA2 pada semua prosesor yang akan datang. Mengingat AMD telah membatasi itu untuk chip seluler dan APU desktop yang berkinerja buruk di masa lalu, ini adalah berita yang disambut baik, terutama karena grafis terintegrasi RDNA2 telah terbukti sangat mengesankan di konsol Xbox dan PlayStation, serta dek Steam baru.

Tapi RDNA 3 seharusnya hanya beberapa bulan lagi dari peluncuran, dan bahkan tidak ada bisikan. Bahkan putaran kemenangan untuk kartu Radeon 6X50 yang baru-baru ini diluncurkan yang telah terbukti relatif efektif, terutama sekarang karena biaya akhirnya turun pada GPU di seluruh papan.

Dengan Nvidia yang hampir tidak menarik bagi para gamer PC, ini sepertinya kesempatan yang terlewatkan untuk mencuri hati, pikiran, dan berita utama setiap gamer dan jurnalis yang menunggu berita GPU baru di salah satu acara utama tahun ini. Sepertinya kita harus menunggu sedikit lebih lama untuk mengetahui apa yang direncanakan AMD untuk RDNA3, tetapi kurangnya petunjuk tentang masa depan memang menimbulkan pertanyaan tentang kapan kita dapat mengharapkan serangan AMD berikutnya yang telah lama ditunggu-tunggu pada dominasi GPU Nvidia ke mewujudkan.

Apakah ini berarti penundaan?

Pertanyaan yang muncul dari abu Computex 2022 yang lancar adalah pertanyaan besar: Jika Nvidia dan AMD tidak siap untuk bicara tentang kartu grafis baru mereka, bagaimana mereka hampir siap untuk meluncurkannya? Selama lebih dari setahun, narasinya adalah bahwa kita dapat mengharapkan kartu RDNA3 dan RTX 4000 untuk debut sekitar paruh kedua tahun 2022, dan itu mungkin masih terjadi, tetapi gurun penuh debut, pajangan, atau bahkan petunjuk pada generasi baru apa pun at Computex meletakkan ide peluncuran Nvidia pada bulan Juli.

Dengan AMD yang baru saja meluncurkan GPU RDNA2 yang diperbarui, mungkin saja AMD tidak ingin menutupi peluncuran baru-baru ini dengan mengintip ke cakrawala, tetapi mungkin juga kita akan melihat rilis RDNA3 pada penutupan tahun 2022, berpotensi berdarah ke peluncuran penuh awal 2023.

Desas-desus untuk kartu generasi berikutnya dari AMD dan Nvidia telah merajalela selama beberapa bulan terakhir, mulai dari yang sangat positif, hingga yang benar-benar menyedihkan, yang mungkin merupakan indikasi bahwa kedua kubu berusaha untuk mendahului pembocor dengan merilis banyak dari informasi palsu. Tetap diam di Computex mungkin menjadi bagian dari rencana itu.

Sayangnya, itu membuat kami juga menebak-nebak, jadi untuk saat ini kami hanya perlu berendam dalam kegembiraan prosesor yang akan datang dan tetap fokus untuk informasi lebih lanjut yang akan datang kepada kami di bulan-bulan mendatang.

Rekomendasi Editor




Related posts