AMD Ryzen 7000 membuat pembuatan PC jauh lebih menakutkan

  • Whatsapp

AMD baru saja secara resmi mengumumkan prosesor Ryzen 7000 “Raphael” generasi berikutnya, dan untuk menjaga hype tetap berjalan, serta untuk mendidik pemilik masa depan CPU Zen 4, MSI telah memposting tutorial video yang menunjukkan cara menginstal chip baru.

Tutorialnya, selain membantu, memberi kita gambaran yang baik tentang chip dan soketnya. Lebih penting lagi, ini menyoroti betapa mudahnya memasang chip baru.

Read More
Prosesor AMD Ryzen 7000 sedang dipasang di dalam motherboard MSI.
Perangkat Keras MSI/Tom

AMD tidak hanya merilis CPU generasi berikutnya — AMD juga beralih ke soket baru setelah lebih dari lima tahun tetap setia pada AM4. Ini, tentu saja, berarti banyak motherboard baru, dan MSI adalah salah satu produsen pertama yang mengungkapkan jajaran yang akan datang. Oleh karena itu, video tersebut memamerkan motherboard MSI mendatang yang dipasangkan dengan CPU Zen 4.

Banyak pengguna mungkin menganggap prospek membangun PC atau bahkan hanya menginstal prosesor menakutkan. Namun, tampaknya AMD menuju ke arah yang benar dengan produk generasi berikutnya, karena proses instalasi terlihat sangat mudah. Pabrikan tentu saja telah membuat peningkatan yang membuat pemosisian dan penempatan chip lebih mudah dilakukan, menambahkan dua takik sebagai lawan dari segitiga kecil yang kita semua sudah terbiasa sekarang.

Langsung saja, detail menarik terungkap — penutup soket transparan, bukan hitam. Dalam hal desain, soket AM5 menyerupai LGA115x Intel, jadi jika Anda pernah menangani pemasangan CPU Intel, Anda mungkin bahkan tidak memerlukan tutorial apa pun.

Menurut video MSI, untuk memasang CPU Zen 4 baru Anda, Anda harus mulai dengan menekan tuas soket ke bawah. Ini melepaskan pelat beban. Langkah selanjutnya adalah mengambil chip AM5 baru menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda. Melihat lebih dekat pada chip, Anda akan menemukan bahwa AMD telah menambahkan dua takik soket ke prosesor, membuatnya lebih mudah untuk mengaturnya dengan benar. Turunkan ke dalam soket dengan lembut dan perlahan — jangan mencoba memaksanya masuk.

Setelah Anda yakin bahwa prosesor berada dengan kokoh dan aman di dalam soket, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu menurunkan pelat beban. Selanjutnya, dorong tuas soket ke belakang. Ini akan membuat penutup prosesor lepas dengan sendirinya.

Meskipun tutorial itu sendiri bermanfaat, yang mungkin lebih menarik adalah wawasan yang diberikannya kepada kita tentang chip dan soket itu sendiri. AM5 membawa banyak perubahan dan memiliki desain yang berbeda dari chip yang ditujukan untuk platform AM4. AMD akhirnya beralih dari desain Pin Grid Array (PGA) ke desain Land Grid Array (LGA). Ini berarti chip tidak lagi memiliki pin di permukaan, hanya kontak, karena pin berada di dalam soket.

soket AMD AM5.
Perangkat Keras MSI/Tom

Dari sudut pandang pemasangan, ini adalah hal yang baik — Anda tidak perlu lagi khawatir tentang kemungkinan menekuk pin pada chip Anda. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh bersikap lembut saat memasang CPU Zen 4, karena Anda tidak ingin membengkokkan pin pada soket sama seperti Anda tidak ingin membengkokkannya pada CPU. diri.

Soket AM5 dilengkapi dengan 1.718 pin, 18 lebih banyak dari soket LGA1700 Intel yang digunakan untuk prosesor Alder Lake. Intel juga berencana untuk menyimpan soket (dan tata letak pin) yang sama untuk CPU Raptor Lake generasi mendatang.

Perlu dicatat bahwa dalam video, MSI memasangkan CPU dengan pendingin AMD Wraith Prism. Soket AM5 akan terus mendukung pendingin AM4, yang bagus jika Anda meningkatkan, tetapi secara realistis, pendingin jauh lebih murah daripada membeli RAM baru — yang harus Anda lakukan karena AMD Ryzen 7000 hanya akan mendukung memori DDR5.

Tom’s Hardware adalah yang pertama melihat video MSI, yang sayangnya, telah dijadikan pribadi sejak saat itu. Mungkin MSI belum siap untuk berbagi tutorial dengan dunia dulu. Namun, masih ada banyak waktu — CPU Zen 4 tidak akan diluncurkan hingga musim gugur.

Rekomendasi Editor




Related posts