AMD Ryzen 7000 akan ‘mengakhiri kebuntuan’ dengan harga DDR5 yang tinggi

  • Whatsapp

AMD mengungkapkan CPU Ryzen 7000 di Computex 2022, dan seperti yang diharapkan, generasi baru secara eksklusif mendukung DDR5. Itu sedikit masalah mengingat harga memori DDR5 yang meningkat secara besar-besaran saat ini, tetapi AMD mengatakan tidak mengharapkan harga menjadi masalah setelah peluncuran bergulir.

Setelah presentasi utama AMD, direktur pemasaran teknis Robert Hallock mengatakan bahwa perusahaan tersebut “all-in pada DDR5.” Ketika ditanya tentang tingginya harga DDR5, Hallock tampak yakin: “Pasokan terlihat sangat bagus. Vendor memori optimis tentang kemampuan untuk mengaktifkan perkiraan pasokan kami untuk tahun ini, untuk tahun depan. Jadi kami tidak melihat tantangan nyata di sini [with pricing].”

Read More
Sepasang modul RAM G.Skill Trident Z5 DDR5.

Setelah mempertahankan harga tinggi pada tahun 2021, para ahli mengatakan bahwa harga DDR5 akan turun sepanjang tahun 2022. Namun, saat ini, harganya masih jauh lebih tinggi daripada DDR4. Kit Corsair Dominator Platinum DDR5 32GB — di antara RAM terbaik yang dapat Anda beli — dijual seharga sekitar $310, sedangkan kit DDR4 yang sama hanya $180.

Kekhawatiran seputar harga tinggi datang dari Intel Alder Lake, yang mendukung memori DDR4 dan DDR5. Ryzen 7000 eksklusif untuk DDR5, yang dapat membuat peningkatan yang jauh lebih mahal jika harga tetap tinggi. AMD mengatakan Alder Lake adalah bagian dari masalah dengan harga tinggi, dan peluncuran Ryzen 7000 dapat menurunkan harga.

“Orang-orang tidak membeli [DDR5]. Dan ada alasannya, yang besar, bernama Alder Lake, ”kata Hallock dalam sebuah wawancara dengan Digital Trends. “Itu menciptakan masalah permintaan ayam dan telur yang aneh untuk DDR5 karena itu ada, tetapi ada opsi lain yang menyebabkan orang tidak memilihnya. Kami pikir kami dapat membantu memecahkan kebuntuan itu.”

Meskipun AMD berhati-hati untuk tidak mengatakan bahwa harga DDR5 akan turun, perusahaan tampaknya yakin bahwa Ryzen 7000 dan peningkatan permintaan untuk DDR5 akan menyeimbangkan skala penawaran dan permintaan. Itu bisa menjadi masalah besar untuk peningkatan, karena motherboard X670 yang akan datang menggunakan soket LGA yang dapat meningkatkan biaya pembelian motherboard baru.

Motherboard MSI MEG X670E seperti Tuhan.
MSI

“Saya tidak akan mengatakan bahwa DDR5 akan lebih murah daripada DDR4, tetapi kami tentu berharap bahwa peningkatan permintaan dari memiliki sekelompok pelanggan Ryzen baru secara eksklusif pada DDR5 akan benar-benar menurunkan harga,” kata Hallock.

Dalam wawancara kami dengan AMD, perusahaan juga mengungkapkan bahwa prosesor Ryzen 7000-nya hanya akan hadir dengan dua inti grafis RDNA 2, dan mereka tidak akan menggantikan jajaran APU lama yang berfokus pada permainan.

Prosesor Ryzen 7000 dijadwalkan untuk diluncurkan musim gugur ini dengan soket AM5 baru. DDR5 tentu saja merupakan peningkatan platform terbesar, tetapi generasi baru juga menghadirkan PCIe 5.0, dan kami telah melihat beberapa SSD ultra-cepat memanfaatkan antarmuka baru ini.

Kami belum memiliki detail konkret tentang kisarannya, tetapi AMD telah mengkonfirmasi bahwa chip andalannya akan datang dengan 16 inti dan akan mampu mencapai kecepatan clock jauh di atas 5,5GHz pada satu inti. Kami berharap untuk mendengar lebih banyak dalam beberapa bulan mendatang saat peluncuran semakin dekat.

Rekomendasi Editor




Related posts